PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI MENELADANI PERJUANGAN RASULULLAH SAW MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI FASE B KELAS 4 SDN 1 SUWAWA TIMUR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengeksplorasi dan menganalisis penerapan metode Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi "Meneladani Perjuangan Rasulullah Saw " dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Fase B Kelas 4 SDN 1 Suwawa Timu.. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dari penelitian ini adalah kelas 4 SDN 1 Suwawa Timur yang terdiri dari 11 peserta didik. Tekhnik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan wawancara. Hasil penelitian diperoleh penggunaan Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Pada siklus pertama hasil observasi aktivitas belajar pesrta didik mencapai 70,58% dan hasil belajar yang tuntas 4 orang (71,88%) dan pada siklus kedua terjadi peningkatan aktivitas peserta didik mencapai 91% serta hasil belajar peserta didik yang tuntas 11 orang (100%). Secara keseluruhan, penerapan Problem Based Learning (PBL)dalam pembelajaran tidak hanya berfungsi meningkatkan motivasi belajar tetapi menginspirasi peserta didik agar lebih tertarik dalam belajar mengenai perjuangan Rasulullah Saw dalam memperjuangkan agama Islam.