MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI AKU TAHU HARAKAT MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING FASE A MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar Ssiswa materi aku tahu harakat menggunakan metode Based Learning kelas 1 SDN No.83 Sipatana. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas(PTK) dan Subyek penelitian ini adalah siswa di kelas 1SDN 83 Sipatana yang berjumlah 21 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata nilai, presentase ketuntasan belajar dan data observasi. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar meningkatkan hasil belajar Ssiswa materi aku tahu harakat menggunakan metode Based Learning kelas 1 sdn No.83 Sipatana. Hal ini dapat dibuktikan dari rata-rata siswa yang sebelum diterapkan model pembelajaran problem based learning adalah 59, siswa yang mendapat nilai diatas 70 adalah 29%. Dari hasil siklus 1 rata-rata nilai memperoleh 69, siswa yang mendapat nilai diatas 70 adalah 54,83%. Setelah siklus II diperoleh rata-rata nilai 80,71 , siswa yang mendapat nilai diatas 70 adalah 83,87% menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning