MENINGKATKAN MOTIVASI PESERTA DIDIK PADA MATERI FATHU MAKKAH MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS X MA
Abstract
Penelitian ini akan mengkaji efektivitas penerapan Model Problem Based Learning dalam meningkatkan motivasi peserta didik dalam mempelajari materi Fathu Makkah di kelas X MA Al Irsyad Karoke. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan wawasan yang mendalam tentang bagaimana pendekatan ini dapat berkontribusi dalam meningkatkan pemahaman dan motivasi peserta didik dalam belajar sejarah kebudayaan Islam. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek Penelitian ini adalah Peserta didik kelas X khususnya di kelas XA di MA Al Irsyad Karoke yang berjumlah 17 orang. Data mengenai minat belajar siswa diambil melalui observasi, wawancara, dan angket. Selain itu, prestasi belajar siswa juga diukur untuk melihat dampak penerapan PBL terhadap pencapaian pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model PBL dalam meningkatkan motivasi belajar SKI materi Fathu Makkah di kelas X MA Al Irsyad Karoke dapat terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil observasi guru dan hasil observasi siswa di setiap siklusnya. Meningkatnya rata-rata nilai yang dicapai siswa dari pre test mencapai 63,45 (pre test sebelum menggunakan model PBL pada siklus I meningkat menjadi 70,34 (setelah menggunakan model PBL. Selanjutnya pada siklus II meningkat lagi menjadi 89.50.