PENERAPAN MEDIA KARTU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYYAH PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan media kartu dalam meningkatkan minat dan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Hasil penelitian ditemukan pada Siklus I terdapat peningkatan kemampuan membaca peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi Huruf Hijaiyyah dibandingkan dengan data hasil pada studi awal yaitu sebanyak 5 Peserta didik atau 23,80% menjadi 10 Peserta didik atau 47,61%, walaupun belum mencapai kriteria ketuntasan belajar yang ditargetkan yaitu ≥75% dari jumlah seluruh Peserta didik. Prosentase Peserta didik yang memperoleh nilai sekurang-kurangnya 70, belum sesuai dengan yang diharapkan yaitu 47,61%, belum mencapai 75%. Pada Siklus II, Nilai prestasi Peserta didik sudah bisa mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu ≥70 dengan banyak Peserta didik sudah mencapai 76.19% yang mendapat nilai ≥70%. Jumlah Peserta didik yang tuntas belajar dibandingkan pada siklus I sudah meningkat menjadi 76,19% dan sudah mampu mencapai kriteria yang diharapkan yaitu 75%. Oleh karena itu, penelitian ini dapat menjadi pertimbangan guru dalam mengajar dan menggunakan media kartu dalam materi huruf Hijaiyah baik dari persiapan mengajar maupun kendala-kendala yang dihadapi. Serta dapat menambah pengalaman guru dalam penggunaan media kartu dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca peserta didik.