MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE(TPS)
Abstract
Atikel ini bertujuan untuk melihat tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti, khususnya Aspek Akhlak di SD Negeri 38 Kendari. Penelitian ini diarahkan untuk menemukan model pembelajaran alternatif dalam upaya mengoptimalkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian ini meliputi tahap-tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data adalah oservasi / pengamatan langsung, catatan lapangan, dokumentasi dan tes tertuls. Data penelitian ini di analisis dengan menggunakan teknik deskriptif-kuantitatif. Keberhasilan penelitian tindakan dilihat dari dua sisi, yaitu segi proses dan segi hasil (nilai ) siswa. Dari segi proses pembelajaran, tindakan di kategorikan berhasil apabila sebagian besar (80%) siswa aktif dalam proses pembelajaran dengan menggunakan strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). Dari segi hasil pembelajaran apabila 80% siswa sudah mendapat nilai ≥ 80.