UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IV MELALUI PERPADUAN STRATEGI NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) DENGAN ICM (INDEX CARD MATCH) SD NEGERI 56 KENDARI
Abstract
Penelitian ini menggunakann metode penelitian tindakan kelas (PTK) partisipasi, karena peneliti terlibat langsung sejak awal sampai dengan laporan hasil penelitian, dilaksanakan di SD Negeri 56 Kendari pada semester genap tahun 2022/2023 . Subjek penelitian adalah siswa kelas IV sebanyak 12 siswa yang terdiri dari 4 siswa dan siswi 8. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan analisis data interaktif dengan tahapan penyajian data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan statistik diskriptik komparatif yakni membandingkan hasil tindakan dari kondisi awal, siklus 1 dan siklus II. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila hasil tindakan berhasil apabila hasil yang dicapai setiap siklus dapat mencapai setiap indikator keberhasilan yang telah ditentukkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi NHT dengan ICM dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran PAI kelas IV, terbukti dengan adanya peningkatan pada setiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan pembelajaran, sebelum tindakan sebesar 41,7 % (5 anak) menjadi 66,7% (7 anak) pada siklus I, pada siklus II meningkat menjadi 83, 3 % (10 anak).