UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK MATERI KEBERHASILAN DAKWAH RASULULLAH SAW DI MADINAH MELALUI METODE PROBLEM BASED LEARNING KELAS V MIN TIMOR TENGAH UTARA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Peserta Didik materi Keberhasilan Dakwah Rasulullah saw di Madinah melalui metode Problem Based Learning. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah Siswa kelas V MIN Timor Tengah Utara Tahun Ajaran 2022/2023, yang terdiri dari 17 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Problem Based Learning berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Keberhasilan Dakwah Rasulullah saw di Madinah. Sebelum diterapkannya metode Problem Based Learning hasil belajar siswa secara klasikal hanya 9 siswa (61%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 71.0. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 11 siswa (65%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 75.00 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 17 siswa (100%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 90.00. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.