MENINGKATKAN PEMAHAMAN ISI KANDUNGAN Q.S AL-HUJURAT AYAT 13 MELALUI PENERAPAN MODEL ASSURE BERBASIS MULTIMEDIA FASE B SD NEGERI 05 WONOSARI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi pelajaran pendidikan agama islam melalui penerapan model assure berbasis multimedia fase B. Penelitian termasuk jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV fase B SDN 05 Wonosari. Penelitian ini akan dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 25 orang yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Hasil observasi tingkat pemahaman belajar peserta didik pada siklus 1, terdapat 3 peserta didik pada kategori perlu bimbingan atau sebesar 12 %, 11 peserta didik dengan kategori cukup atau sebesar 44 %, yang memenuhi kategori baik sebanyak 8 peserta didik atau sebesar 32 %, dan 3 peserta didik atau sebesar 12 % yang memenuhi kategori sangat baik. Dari paparan hasil nilai yang didapatkan siswa maka tampak bahwa jumlah peserta didik yang memenuhi kategori sangat baik sudah mencapai 80% dengan rata-rata No Interval Kategori Frekuensi Persentase 1 (0-65) Perlu bimbingan tidak ada, 2 (66-77) Cukup tidak ada, 3 (78-88) Baik 5 20 %, 4 (89-100) Sangat Baik 20 80 %. Jumlah 25 nilai diperoleh ≥ 80. Dengan ini membuktikan bahwasanya model ASSURE berbasis multimedia dapat meningkatkan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi hidup isi kandungan Qs. Al-Hujurat ayat 13. Maka siklus selanjutnya tidak dilaksanakan lagi.