MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SUJUD SYUKUR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SISWA KELAS VIII MTs MUJAHIDIN TRIMULYA

Authors

  • Muh. Fadil MTs Mujahidin Trimulya

Keywords:

Hasil Belajar, Problem Based Learning, Sujud Syukur

Abstract

Penelitian ini berjudul: “ Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Sujud Syukur Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas VIII MTs Mujahidin Trimulya”.Tujuan Penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTS Mujahidin Trimulya pada Materi Sujud syukur menggunakan model pembelajaran Problem based learning (PBL).Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 (dua) siklus, dan setiap siklus terdiri dari: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan refleksi.Berdasarkan hasil penelitian bahwa dengan menggunakan Problem Based Learning (PBL) dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Kelas VIII MTS Mujahidin Trimulya Materi sujud syukur. Selanjutnya peneliti merekomendasikan: (1) Bagi Guru yang mendapatan kesulitan yang sama dapat menerapkan PBL untuk meningkatkan Hasil Belajar. (2) Agar mendapatkan hasil yang maksimal maka dihaharapkan guru lebih membuat Problem Based Learning (PBL) yang lebih menarik dan bervariasi.

References

Ahmadi, Abu. 1997.Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Depdiknas. 2003.UU RI No.20 Tahun 2003 tentang system Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas

--------------. 2004. Standar Kompetensi Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas

--------------.2005. PP No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas

-------------. 2007. Permendiknas RI No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses. Jakarta: Depdiknas

-------------. 1999. Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan. Jakarta: Depdikbud

Ibrahim, M. 2005. Pembelajaran Kooperatif. UNESA: University Press.

Kemdiknas. 2011. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kemdiknas

-------------. 2011. Paikem Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan. Jakarta: Kemdiknas

Ngalim, Purwanto. 2008. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung:PT Remaja Rosda Karya

Ngalim, Purwanto. 2013. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya

Published

2023-08-23