PENERAPAN METODE TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI ASMAUL HUSNA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Authors

  • Jumriati Sanggilalung SMP N 8 Bolmut

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk menerapkan metode Take and Give dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Asmaul Husna di kelas VII SMP Negeri 8 Bolaang Mongondow Utara. Metode take and give adalah pembelajaran yang menekankan pada kartu yang berisi materi pelajaran dan menjadi alat penting dalam proses belajar mengajar. Dengan kartu tersebut, peserta didik bisa saling tukar menukar materi yang mereka ketahui dengan teman lainnya yang menjadi pasangannya, dengan begitu bisa merangsang ingatan peserta didik pada suatu materi yang diberikan pendidik saat pelajaran di kelas, sehingga wawasan peserta didik menjadi luas, jelas dan kuat dalam ingatan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain penelitan tindakal kelas (PTK) selama beberapa siklus. Subjek penelitan adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 8 Bolaang Mongondow Utara yang terdiri dari sejumlah peserta didik. Data mengenai hasil belajar peserta didik diukur untuk melihat dampak penerapan metode Take and Give terhadap pencapaian hasil pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada aktivitas belajar peserta didik serta hasil belajar peserta didik pada materi Asmaul Husna. Temuan ini menunjukkan bahwa metode Take and Give dapat menjadi metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pelajaran Pendidikan Agama Islam, khususnya materi Asmaul Husna di kelas VII SMP NegeriĀ  8 Bolaang Mongondow Utara.

Downloads

Published

2023-12-01