PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA PELAJARAN SKI MATERI KHULAFAURRASYIDIN KELAS VII H DI MTS. NEGERI 1 ENDE
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini yaitu: 1. Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi Khuafur Rasyidin di kelas VII H MTs. Negeri 1 Ende sebelum menggunakan metode Mind Mapping. 2. Untuk mengetahui implementasi metode Mind Mapping pada Mata pelajaran SKI Materi Khulafur Rasyidin kelas VII H MTs. Negeri 1 Ende 3. Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI Materi Khulafur Rasyidin di kelas VII H MTs. Negeri 1 Ende setelah menggunakan metode Mind Mapping. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Dengan menggunakan angka dari mulai pengumpulan data, penafsiran terhadap data tersebut, serta penampilan dari hasilnya. Pendekatan ini juga dihubungkan dengan variabel penelitian yang memfokuskan pada masalah-masalah terkini dan fenomena yang sedang terjadi dengan bentuk data berupa angka- angka. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Pada siklus ke I diketahui tingkat keberhasilannya yaitu 76% dan nilai rata-rata asesmen formatif adalah 75, hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dan lebih mengalami peningkatan lagi pada siklus II dengan tingkat keberhasilan peserta didik 100%, dimana tingkat aktifitas peserta didik mencapai 83% dan nilai rata-rata asesmen formatif 84. Hal ini menunjukkan sudah mencapai KKTP atau tuntas. Sehinnga peningkatan hasil belajar peserta didik yang diharapkan sudah mencapai tingkat keberhasilan.