MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MENGENAL CIPTAAN ALLAH MELALUI PENGGUNAAN MODEL PJBL DI TK AL KAUTSAR KENDARI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik Dalam Mengenal Ciptaan Allah Melalui Penggunaan Model PjBL.Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase fondasi Tk Al Kautsar Kendari Tahun Ajaran 2023/2024, yang terdiri dari 17 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakn observasi. Hasil penelitian diperoleh dari model PjBL berhasil meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dalam mengenal ciptaan Allah . Sebelum diterapkannya model PjBL hasil belajar peserta didik secara klasikal hanya 10 peserta didik (58,8%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 3,3. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 12 peserta didik (70,58%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 64,7 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 15 peserta didik (88,2%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 82,2%. Peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena model Pembelajaran Projek Based Learning (PjBL) ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.