MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR PADA PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN DISCOVERI LEARNING PADA MATERI DAKWAH RASULULLAH SAW PERIODE MEKKAH FASE D
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi pada rendahnya konsentrasi belajar peserta didik pada materi dakwah Rasulullah di Mekkah di kelas VII Mtsn 2 Bolsel. Penelitian ini memiliki tujuan untu : (1) mendeskripsikan Upaya peningkatan konsentra belajar peserta didik melalui pembelajaran Dizcoveri Learning pada materi Dakwah Rasulullah di Mekah. (2) meningkatkan konsentrasi melalu pembelajaran Dscovero Learning pada materi Dakwah Rasulullah di Mekkah kelas VII. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII MTs Negeri 2 Bolsel yang berjumlah 25 orang. Objek penelitian ini adalah meningkatkan konsentrasi belajara pada peserta didik melalui pembelajaran Discoveti Learning. Dalam siklus I dan II dari proses pembelajaran di MTs n 2 Boltim kelas VII terdapat perbaikan yang signifikan dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa terkait materi Dakwa Rasulullah di Mekkah. Dalam segi metode, pengajaran dapat diatur dengan baik menggunakan model Discoveri Learning . Para siswa terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran, mengikuti pelajaran dengan keteraturan, dan mematuhi arahan dari guru dengan baik.