MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING
Abstract
Masalah dalam penelitian ini hasil belajar siswa rendah dilihat dari nilai siswa yang belum mencapai KKM, siswa juga kurang aktif dalam proses pembelajaran karena pembelajaran masih berpusat pada guru. Pembelajaran masih dominan menggunakan metode ceramah sehingga siswa mudah bosan dan jenuh pada saat pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada Tema Iman kepada Allah ( Asmaul Husna ) di SDN 101 Kendari.Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif, Penelitian ini dilaksanakan 2 kali siklus. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 101 Kendari. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 101 Kendari. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa dengan penerapan discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 101 Kendari mata pelajaran PAI dari sebelum tindakan, siklus I, Siklus II. Pada sebelum tindakan diketahui 4 siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 23%, pada siklus I di ketahui 10 siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 58 % , pada siklus II diketahui 16 siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 94%. Dengan demikian dapat di ambil kesimpulan bahwa dengan penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri101 Kendari dalam mata Pelajaran PAI