PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TRADISI MASYARAKAT ARAB SEBELUM ISLAM
Abstract
Penelitian ini bermaksud melakukan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan model PJBL (Project Based Learning) pada capaian pembelajaran menganalisis misi dan strategi dakwah Rasulullah saw. di Mekah sebagai rahmat bagi seluruh alam guna meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas III MI Aldafah Lolibu. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran problem based learning pada materi Tradisi Masyarakat arab sebelum islam di kelas III MI Aladafah Lolibu berhasil dan dapat diterapkan pada materi pembelajaran tradisi Masyarakat arab sebeum Islam atau materi lain sebagai alternatif. Hal ini dibuktikan dari hasil pengolahan data hasil belajar siswa yang selalu mengalami peningkatan dari setiap siklus yang dijalani, hasil belajar siswa dari pra siklus sebesar 70 % meningkat menjadi 80 % pada siklus I dan kembali meningkat menjadi 93 % pada siklus II.