MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE TALKING STICK PADA MATERI MENYAMBUT USIA BALIG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 SDN No. 91 Sipatana dalam menggunakan metode talking stick pada materi menyambut Usia Balig. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif melalui penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas4 SDN No. 91 Sipatana Kota Gorontalo yang berjumlah 15 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri atas tahap perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Instrumen yang digunakan berupa non tes dan tes. Tekhnik non tes yang digunakan yaitu wawancara dan observasi. Sedangkan tekhnik tes berupa tes keterampilan menceritakan kembali kisah yang didengar oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran pendidikan agama Islam melalui penerapan pembelajaran cooperative learning dengan menggunakan metode talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran pendidikan agama Islam. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah ketuntasan belajar kelas dan peningkatan presentase siswa yang mendapat nilai minimal 75 mencapai 100% melalui penerapan pembelajaran cooperative learning dengan metode talking stick. Hasil belajar siswa pada penilaian keterampilan menceritakan kembali kisah yang didengar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata nilai 70,06 dimana siswa yang mencapai nilai KKM 75 hanya 4 siswa dari 16 siswa. Pada siklus II hasil penilaian keterampilan menceritakan kembali kisah yang didengar siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam sudah mencapai KKM 75 dan memperoleh rata-rata nilai 80.