PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN METODE DISKUSI MATERI AKIDAH ISLAM DI FASE E MA Al-MUHAJIRIEN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Akidah Islam dengan metode diskusi pada mata pelajaran Akidah Akhlak Fase E. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas ( Classroom Action Research ) Subjekdari penelitian ini adalah Fase E MA Al-Muhajirien yang terdiri dari 33 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan Tes, Angket, Observasi, Wawancara, Dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh dari metode Diskusi berhasil untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Sebelum diterapkan metode Diskusi hasil belajar peserta didik secara klasikal hanya 19 peserta didik ( 57 % ) yang tuntas dalam belajar dengan nilai rata-rata 67,12. Setelah diterapkan metode tersebut pada siklus I sebanyak 22 peserta didik ( 66 % ) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 69,90 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 29 peserta didik ( 87 % ) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 76,03. Peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran.