PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PBL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM

Authors

  • Fitri Hasan MIN I Bitung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Agama dan Kepercayaan Masyarakat Arab sebelum kedatangan Islam dengan berbagi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui model Pembelajaran Problem Based Learning Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase B/ III MIN BITUNG Tahun Ajaran 2023/2024, yang terdiri dari 25 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Pembelajaran Tanya Jawab berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Agama dan Kepercayaan masyarakat arab sebelum kedatangan islam. Sebelum diterapkannya model Pembelajaran Problem Based Learning hasil belajar siswa secara klasikal hanya 7 siswa (15%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 64.0. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 12 siswa (40%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 70.60 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 20 siswa (80%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 80.60. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2023-11-29