PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI ASMAUL HUSNA
Abstract
Penelitian Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 78 Kendari dalam materi Asmaul Husna. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif di SD Negeri 78 Kendari. Subjek penelitian adalah 16 peserta didik kelas V, dan objek penelitian adalah peningkatan hasil belajar. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan empat kompetensi setiap siklusnya, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi, serta melibatkan kolaborasi antara peneliti dan guru PAIBP. Teknik pengumpulan data melibatkan observasi, tes tertulis, dan metode dokumenter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Pada siklus 1, ketuntasan belajar sebesar 62,5%, sedangkan pada siklus 2 dengan penambahan strategi pembelajaran seperti pembagian handout, gamifikasi, diskusi kelas, dan reward, ketuntasan belajar meningkat menjadi 93,75%. Kesimpulannya, implementasi model Problem Based Learning berhasil meningkatkan hasil belajar dan keaktifan peserta didik.