Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Ketentuan Ibadah Haji Melalui Model Snowball Throwing Dan Video Analysis di Kelas VIII-1 MTs Negeri 1 Kota Gorontalo Tahun 2022
Keywords:
Hasil belajar, model snowball throwing, video analysisAbstract
Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan pembelajaran model snowball throwing dan video analysis dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi ketentuan ibadah haji di kelas VIII-I MTs Negeri 1 Kota Gorontalo Tahun 2022. Model pembelajaran yang saat ini sedang dikembangkan dalam dunia pendidikan khususnya di Indonesia adalah pembelajaran yang berbasis active learning. Realisasi pengembangan dari model pembelajaran yang berbasis active learning di antaranya terlihat dalam kegiatan pembelajaran Fiqih yang menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dan Video Analysis Di Kelas VIII-1 MTs Negeri 1 Kota Gorontalo Tahun 2022 dalam kegiatan belajar mengajarnya. Peneliti mengadakan penelitian tindakan kelas pada madrasah tersebut dengan judul “Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Ketentuan Ibadah Haji Melalui Model Snowball Throwing dan Video Analysis di Kelas VIII-1 MTs Negeri 1 Kota Gorontalo Tahun 2022”. Hasil penelitian tindakan kelas ini menujukkan bahwa persiapan, pelaksanaan, dan efektifitas peserta didik kelas VIII-1 MTs Negeri 1 Kota Gorontalo pada materi ketentuan ibadah haji dapat ditingkatkan dengan menerapkan model snowball throwing dan video analysis, hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar peserta didik dari setiap siklus yang dilaksanakan