Pengembangan Kurikulum Inovatif Dan Penerapan Asesmen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Keywords:
Kurikulum, Inovatif, Pendidikan Agama IslamAbstract
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Pengembangan Kurikulum Inovatif dan Penerapan Asesmen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, rendahnya mutu lulusan jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) pada perguruan Tinggi Agama Islam (PTAIN) merupakan problem serius yang harus segera dicarikan solusi pemecahannya. Hal ini terlihat dari lemahnya penguasaan mahasiswa terhadap basic competence pada core subject (mata pelajaran inti), yaitu lemahnya kemampuan dan pemahaman baca tulis Al-Qur’an, Ilmu Fiqh dan Ushul Fiqh, Akidah, dan Sejarah Kebudayaan Islam. Desain kurikulum dan pembelajaran pada jurusan PAI seharusnya diarahkan kepada pemenuhan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) pendidikannya, di mana tujuannya adalah membentuk calon pendidik/Dosen PAI yang intelek dan profesional. Sebab itu, perlu adanya perubahan orientasi pengembangan kurikulum PAI yang inovatif melalui aplikasi manajemen yang efektif dengan mengacu pada tuntutan, harapan dan kebutuhan pengguna (user) lulusan pendidikan, baik lembaga pendidikan, profesional, maupun masyarakat secara umum