Sikap Sosial Peserta Didik dalam Pembelajaran
(Analisis Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah al-Hidayah Duminanga)
Keywords:
Sikap Sosial, Pembelajaran Akidah AkhlakAbstract
Artikel ini mengkaji sikap sosial peserta didik dalam pembelajaran akidah akhlak di MA Al-Hidayah Duminanga. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Kualitatif Deskriptif yang terdiri atas tahap pengumpulan data, menganalisis, dan menginterprestasikannya secara objektif, faktual, akurat dan sistematis dalam menjelaskan, mamaparkan dan menuliskan serta melaporkan keadaan objek atau data yang telah diperoleh berupa kata-kata tertulis dan lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Subjek penelitiannya adalah Guru Akidah Akhlak. Temuan dalam penelitian ini bahwa sikap sosial peserta didik dalam pembelajaran akidah akhlak di MA Al-Hidayah Duminanga ditunjukkan oleh pencapaian tujuan yang ingin dicapai pada afektif sosial. Hal ini dibuktikan dari capaian sikap sosial yang dinilai. Penilaian sikap sosial peserta didik setelah pembelajaran akidah akhlak pada penerapan kurikulum 2013 ditentukan sikap sosial peserta didik yang terdiri atas sikap disiplin, gotong royong, santun, dan peduli kendati dari penerapannya belum sepenuhnya dijalankan dengan baik. Sikap sosial peserta didik ini diperoleh setelah guru melakukan penilaian sikap sosial dengan menggunakan empat teknik penilaian yaitu observasi, penilaian diri, penilaian antar peserta didik dan jurnal
Downloads
Published
Versions
- 2022-12-01 (2)
- 2022-12-29 (1)