EVALUASI PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF AL-QU’RAN DAN HADIS DI MADRASAH ALIYAH MOUTONG
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan evaluasi pendidikan dalam Al-quran dan hadis disalah satu penelitian yang menggunakan penelitian kajian pustaka dengan pendekatan studi kasus Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep dari evaluasi pendidikan dalam presfektif Al-quran dan hadis hasil penelitian menemukan bahwa evaluasi merupakan suatu usaha untuk memperoleh informasi tentang hasil dan menentukan nilai dari sudu pandang informasi tersebut.Evaluasi terhadap setiap kegiatan memiliki nilai penting,karena dengan evaluasi kita dapat menentukan nilai dari kegiatan yang dilakukan melalui informasi yang diperoleh. Dalam evaluasi juga, pendidikan dalam pandangan islam memiliki unsur-unsur,tujuan dan fungsi.Baik pemahaman materi,perbaikan perilaku,wawasan,dan kebiasaanpeserta didik sebagai pedoman yang akan dijadikan perbaikan ditahun berikutnya pendidikan secara hakiki merupakan komponen dalam penilaian untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan pendidikan tercapai dalam AL-Qur’an dan Hadits.
Rincian Artikel
Referensi
Aljazairi Abu Bakar Jabir, Aisar At-Tafassir Li Kalaami Al-Aliy Al-Kabir Jakarta : Darus Sunnah, 2015,
Athoillah, Anton. Dasar-dasar Manajemen. Cet; III. Bandung : CV Pustaka Setia. 2017
Bani al-Musthaliq, Tafsir Alquran al-adzim, Madinah: Maktabah al-Ulum wa al-Hikam, 2015
Caswita,Manajemen Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam,Yogyakarta CV.Budi Utama,2020
Elis Ratna Wulan,Evaluasi Pembelajaran,Bandung: Pustaka Setia,2015
Endah Tri Wisudaningsih. Konsep Actuating dalam Alquran dan Hadits. Jurnal Humanistika. Volume 4, Nomor 1. Januari 2018. Institut Ilmu Keislaman Zainul Hasan Genggong Kraksaan.
FitriRahayu,Konsep Evaluasi Pendidikan Islam,Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam,Volume 13,Universitas Islam Sunan Kalijaga Yogyakarta,2019
Gouzali Saydam, Human Resources Management, Jakarta: PT Toko Gunung Agung, 2015
Gus Dharma, Perencanaan Pelatihan, Jakarta: Pusdiklat Pegawai Depdikbud, 2015
Harjani Hafni, Komunikasi Islam, Jakarta: Prenada Media Group, 2015
Hasibuan, M. S. P. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara, 2015
Helmawati, Pendidikan Keluarga, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2016
Henry Simamora, Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: YKPN, 2015
https://hasbyeducation.blogspot.com/2017/01/evaluasi-pendidikan-islam-perspektif.
Ismail Abu al-Fida‟, Tafsir Alquran al-adzim, Madinah: Maktabah al-Ulum wa al-Hikam, 2015
Jalaluddin, Pendidikan Islam : pendekatan sistem dan proses, Jakarta : PT Rajagrafindo Persada, 2016
Jejen Musfah, Manajemen Pendidikan : teori, kebijakan dan praktik, Jakarta : Kencana, 2017
Kasmir, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : PT. Grafindo Persada, 2016
Kompri, Manajemen Pendidikan : komponen-komponen elementer kemajuan sekolah,Yogyakarta : Ar- Ruzz Media, 2015
Kurniati Ningsih. Jurnal Konsep Dasar Administrasi Pendidikan. Universitas Negeri Padang. 2020
M. Yacoeb. Konsep Manajemen dalam Perspektif Al-Qur’an: suatu analisis dalam bidang administrasi pendidikan. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Ar-Raniry Banda Aceh. Vol. XIV No. 1,74-89, Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA Agustus 2016.
Masduki Duryat, Paradigma Pendidikan Islam, Bandung : Alfabeta, 2016
Mujamil Qomar, Manajemen Pendidikan Islam: strategi baru pengelolaan lembaga pendidikan islam, Penerbit Erlangga, 2017
Nashruddin Baidan, Etika Islam dalam Berbisnis, Jakarta: Bumi Aksara, 2016
Ngalim Purwanto, Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2016
Prabowo, Hanggono Arie. On Line Learning In Vocational School at Bekasi. International Journal of Education. Information Technology And Others (IJEIT), Vol. 3, No.3. Jakarta: Program Studi Informatika Universitas Indraprasta PGRI. 2020
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga, Jakarta: Balai Pustaka, 2015
Ricky Satria Winata, Tantangan, Prospek dan Peran Pesantren dalam Pendidikan Karakter di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, Volume 8. 2019. Sekolah Tinggi Agama Islam Terpadu Yogyakarta.
Sukardi,Evaluasi Pendidikan: Prinsip dan Operasionalnya, Jakarta: Bumi Aksara, 2015
Suyatno dan Sutrisno, Pendidikan Islam di Era Peradaban Modern,Jakarta : Prenadamedia Group, 2015
Syahril ,Konsep Evaluasi Pendidikan dalam Perspektif Al-qur’an.Jurnal Hunafa,Volume 4.2015,STAIN Datokarama Palu.
Syarif Rusli,Teknik Manajemen Latihan dan Pembinaan,Bandung: Angkasa, 2016
Syarifah Rahmah dan Zukhairi. Jurnal Analisis Konsep-Konsep Dasar Manajemen Berbasis Al-Qur’an dan Relevansinya dengan Manajemen Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Malikussaleh, 2018
Tambajong, Harold F.K, J.A.M. Rawis,Jeffry S.J. Lengkong, dan Treesje K. Londa. The Influence of Principal Leadership, Productive Teacher Training, Work Commitment and Motivation on Performance Management of Productive Vocational School Teachers in North Sulawesi Province. International Journal of Education Information Technology and Others (IJEIT). Vol. 3, No.3. Manado State University: Tondano North Sulawesi Indonesia. 2020
Tasmara Toti, Membudayakan Etos kerja Islam, Jakarta: Gema Insani Press, 2017
Toto,Membudayakan Etos Kerja Islam, Jakarta: PT. Grafindo Persada, 2016
Triwiyanto Teguh, Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta : Bumi Aksara, 2015
Umarn Husein, Evaluasi Kinerja Perusahaan,Jakarta:PT. Gramedia Pustaka Utama,2016
urthada Muthahari, Memahami Keunikan Alquran, Penerjemah Irman Abdurrahman, Jakarta: Pustaka Intermasa, 2015
Veithzal Rivai, Islamic Human Capital, Jakarta: Bumi Aksara, 2015
Winardi, Manajemen Perilaku Organisasi Edisi Revisi, Jakarta: Prenada Media Group, 2004
Yustina Erti Pravitasmara Dewi,Technium Social sciences,Challenges of Top-Down Policy as Stakeholder Engagement Strategy in the Implementation of Internal Quality Assurance in Higher Education Institutions: An Empirical Research,Vol 24 No 5.2020, Universitas Negeri Semarang