PENGELOLAAN ISLAMIC BOARDING SCHOOL DALAM MENANAMKAN NILAI KARAKTER RELIGIUS MELALUI BUDAYA KEGIATAN KEAGAMAAN SANTRI DIPESANTREN AL HUDA KOTA GORONTALO

Isi Artikel Utama

Elma Toino Toino
Buhari Luneto
Herson Anwar

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengelolaan Islamic Boarding School dalam menanamkan nilai karakter religius santri di Pesantren Al Huda Kota Gorontalo, bagaimana budaya kegiatan keagamaan santri dipesantren Al Huda Kota Gorontalo, apa saja kendala dan solusi pengelolaan Islamic Boarding school dalam menanamkan nilai karakter religius santri dipesantern Al Huda Kota Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu suatu metode untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah, bahwa peneliti adalah sebagai instrumen kunci. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan pengamatan (observasi), wawancara (interview),dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah pengelolaan Islamic boarding school dalam menanamkan nilai karakter religius melalui budaya kegiatan keagamaan itu sendiri dilihat dari perencanaan program-program yang ada dipesantren dari penyusunan program hingga pembinaan yang terjadwal, dari sisi pengawasan disetiap program yang dijalankan dikoordinir langsung oleh penanggung jawab adapun pengorganisasian terstruktur dengan baik, selain itu kendala dipesantren Al Huda belum sepenuhnya teratasi dilihat dari pengelolaan sarana dan prasarananya yang belum maksimal.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Japar, dkk., Kajian Masyarakat Indonesia & Multikulturalisme Berbasis Kearifan Lokal. Cv. Surabaya : Jakad Media Publishing, 2021, Hal.48

LexyJ. Moleong,Metode Penelitian Kualitatif,(Bandung:Remaja Rosdakarya,2016),Hal 6

Kasman, Pengelolaan Sekolah Unggul, Madina Publisher: Sumatera Utara, 2022, Hal 152

Marhawati, Besse. 2018. Pengantar Pengawasan Pendidikan. Yogyakarta : Deepublish, Hlm. 7

Muh, Miftahul dan Agustang, Andi. Sistem sekolah berasrama (boarding school) dalam membentuk karakter disiplin di MAN 1 Kolaka Pinisi Journal Of Sociology Education Review; Vol.1, No.2, 2021, Hal.125-133

Nurhadi, Ali, Implementasi Manajemen Strategi Berbasisi Pembiasaan dalam menumbuhkan karakter religius siswa, al-Afkar, Journal for Islamic Studies, Vol.3, No.1. (2020)

Noveliza Rudyolindy, Strategi Pengelolaan Sekolah Tinggi Berasrama di Kabupaten Semarang, Kelola Jurnal Manajemen Pendidikan, vol.3, No.1, 2016

Pakpahan Leharia Poetri, Habibah Umi, Manajemen program pengembangan kurikulum PAI dan Budi Pekerti dalam pembentukan karakter religius siswa, Vol.2, No.1, 2021, DOI:https://doi.org/10.31538/tijie.v2i1.19 Hal.1-20

Rifa, Arinal Mochamad, Strategi Pengembangan Kecerdasan Moral Siswa di Sekolah Berbasis Islamic Boarding School, Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan IIII, 2017

Sofyan Sauri, Membangun Karakter Bangsa Melalui Pembinaan Profesionalisme Guru Berbasis Pendidikan Nilai, hlm 1.