PENGARUH KEMITRAAN GURU DAN ORANGTUA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN LIMBOTO

Isi Artikel Utama

Mega Sulistiyani Putri
Mujahid Damopolii
Razak H. Umar

Abstrak

Abstrak


Tujuan Penelitian ini adalah, Menganalisis pengaruh kemitraan guru dan orangtua terhadap pendidikan karakter peserta didik di Sekolah Dasar se-Kecamatan Limboto, Menganalisis Apa saja faktor pendukung dan penghambat kemitraan guru dan orangtua di Sekolah Dasar se-Kecamatan Limboto. Jenis Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif, dengan pendekatan survey sedangkan metodenya yaitu deskriptif analisis, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru dan orangtua di Sekolah Dasar se-Kecamatan Limboto, sedangkan sampel pada penelitian ini adalah 63 Guru dan orangtua. Analisis Data menggunakan tekmik uji regresi sederhana dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang didapatkan Ý = 55.271 + 0.707X, persamaan tersebut sesuai dengan regresi linear sederhana yaitu Ý= α + bX, dimana Y adalah pendidikan karakter dan X adalah kemitraan. persamaan ini bisa ditafsirkan jika tidak ada kenaikan nilai dari variabel kemitraan (X), maka nilai pendidikan karakter adalah 55.271. Sedangkan pengaruh variabel X (Kemitraan) terhadap variabel Y (Pendidikan Karakter) adalah sebesar 49,4% sedangkan sisanya 50.6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Abdulsyani, Skemaika, Teori dan Terapan. ( Jakarta: Bumi Aksara, 2012)

Achmadi, Ideology Pendidikan Islam,(Yogyakarta:Pustaka Pelajar, 2005)

Adhi Kusmawati, dkk, Metode Penelitian Kuantitatif, (Yogyakarta: CV Budi

Utama, 2020)

Ardi Wira Kusuma, “Meningkatkan Kerjasama Siswa dengan Metode Jigsaw

dalam Bimbingan Klasikal”, Jurnal Konselor Volume 7 Number 1 2018

Berry, R. S.,“100 Ideas That Work Discipline In The Classroom”,( Philipines:

ACSI Publications. 1994.)

Departemen Agama, Al-Quran Dan Terjemah, (Bogor:Calla,2007)

Hamndan Hamid, Beni Akhmad Syaebani, Pendidikan Karakter Perspektif

Islam, Bandung : Pustaka Setia,2013

J.W. Santrock “Child Development”. (Jakarta: Erlangga, 2007)

Keith Harel. “Attitude is Everything”. (NY: Collins Business. . 2004)

Ki Hajar Dewantara, "Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka." Cetakan Kelima, UST-Press bekerjasama dengan Majelis Luhur Tamansiswa 2013

Lickona, T.,Educating For Character”. New York: Bantam Books 1991

M Coleman, “Empowering Family-Teacher Partnership Building Connection within Diverse Communities”. (Los Angeles: Sage publications, 2013).

Mada Sutapa, Buku Pegangan Kuliah Komunikasi Organisasi Pendidikan, (Yogyakarta: FIP UNY,2007),

Mada Sutapa, Membangun Komunikasi Efektif Di Sekolah, (Jurnal Manajemen Pendidikan : No. 02, 2006)

Murni Yanto, “Manajemen kepala Madrasah Ibtidaiyah dalam menumbuhkan pendidikan karakter religius pada era digital”, (Curup : Jurnal Konseling dan Pendidikan, 2020)

Peale, Norman Vincent, “Berpikir Positif. Terjemahan FX Budiyanto”. (Jakarta: Bina Aksara. 1996)

PM Labulan, “Menanamkan Sikap Jujur Melalui Pendidikan Matematika”, AKSIOMA Jurnal Pendidikan Matematika,Vol. 5, No. 3, Desember 2016

Rachman, Fauzi. Islamic Teen Parenting. Jakarta: Erlangga, 2014

Sidharta, dkk. “Konsep dasar pendidikan anak usia dini”. (Yogyakarta: Penerbit Logung Pustaka 2009)

Suseno, F.M, “Mencari makna kebangsaan”. (Yogyakarta: Kanisius. 1998).

Thoha Miftah. “Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya”. (Jakarta: Rajawali, 1990).

UU,Sistem Pendidikan Nasional,( Cemerlang, Jakarta, 2003)

Wynne, E. A. “Character And Academics In The Elementary School”. (New York: Teachers College, Columbia University, 1991).