STRATEGI PENGUATAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM BINA PRIBADI ISLAMI DI SMP ISLAM TERPADU LUKMANUL HAKIM GORONTALO

Isi Artikel Utama

Kiman Dama
Kasim Yahiji
Muh. Arif

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi peningkatan karakter siswa melalui Program Pengembangan Pribadi Islam di SMP Islam Terpadu Lukmanul Hakim Gorontalo. Dilihat dari faktor pendukung dan penghambat strategi tersebut. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif deskriptif. Pendekatan ini digunakan untuk mengetahui Strategi Penguatan Karakter Siswa melalui Program Pengembangan Pribadi Islam di SMP Islam Terpadu Lukmanul Hakim Gorontalo. Penelitian ini menggunakan tiga metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Penguatan Karakter Siswa melalui Program Pengembangan Pribadi Islam di SMP Islam Terpadu Lukmanul Hakim Gorontalo ditemukan melalui kegiatan sekolah yaitu sapaan pagi, mabit, belajar di alam terbuka, perkemahan Al-Qur'an, serta bentuk penguatan karakter siswa melalui pendampingan dan pembinaan kelompok, ekstrakurikuler dan ceramah sosial keagamaan serta peran serta orang tua. Terdapat tiga faktor pendukung di SMP Islam Terpadu Lukmanul Hakim Gorontalo yaitu buku agenda penguatan karakter, data siswa dan sarana prasarana.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Alfauzan Amin, “Pengembangan Materi Pendidikan Agama Islam Berbasis Model Pembelajaran Inquiry Training Untuk Karakter Kejujuran Siswa Sekolah Menengah Pertama,” Jurnal: At-Ta‟lim 17, 2018.

Daulay, Haidar Putra. Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kencana Prenada Media, 2022.

Dian Eka Priyantoro, “Bimbingan Dan Konseling Untuk Motivasi Belajar,” Elementary jurnal ilmiah Pendidikan Dasar 1,2020.

Djajsudarma, Fatimah. Metode Linguistik Ancangan Metode Penelitian Dan Kajian. Bandung: PT Refika Aditama Anggota Ikapi, 2019.

Dwi Novitasari, “Mentoring Agama Islam Sebagai Alternatif Dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa,” in In Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, 2021.

Hamzah Uno and Mohammad Nurdin, Belajar Dengan Pendekatan PAIKEM,Pembelajaran Aktif Inovatif, Lingkungan Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta: Bumi Aksara, 2020.

Jalaluddin. Empersiapkan Anak Sholeh Menelusuri Tuntunan Dan Bimbingan Rasul Allah SWT. Palembang: Noer Fikri Offset, 2023.

Marno dan Idris, Strategi, Metode dan Teknik Mengajar, Cet II Yogyakarta: Ar-Ruz Media, 2022.

Mujib, Abdul. Pendidikan Karakter Dalam Persepektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2022.

Mursidin, Profesionalisme Guru Menurut Al-Qur’an, Hadis dan Ahli Pendidikan Islam, Jakarta: Sedaun Anggota IKAPI, 2020.

Tanzeh, Ahmad. Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Teras, 2019.

Wina sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta:Kencana, 2019.