PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENGHAFAL AL-QUR’AN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MTsN 1 BONE BOLANGO

Isi Artikel Utama

Djamila Paputungan
Lukman Arsyad
Fatimah Djafar

Abstrak

Artikel ini menginterpretasikan tentang kemampuan membaca dan menghafal al-quran terhadap hasil belajar peserta didik Pada mata Al-Quran hadist, didalamnya terdapat ayat Al Quran atau hadits Nabi yang memerlukan kemampuan khusus untuk membaca, menulis, serta menghafalkannya. Penelitian ini dilakukan dengan observasi lapangan menggunakan metode kausal komparatif dimana data dikumpulkan setelah fenomena/kejadian yang diteliti berlangsung. Adapun data yang didapatkan peneliti melalui penyebaran angket kepada siswa sebagai responden  mengenai masalah yang sedang diteliti. Dalam kegiatan membaca dan menghafal Al Quran ini siswa diharapkan, selain memiliki banyaknya jumlah hafalan juga dapat melatih kemampuan membaca Al Quran siswa dengan baik dan benar, sehingga hasil belajar dari tujuan pendidikan dapat tercapai. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana proses menghafal Al Quran (2) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa pada pelajaran Al-quran Hadist (3) Untuk mengetahui adakah pengaruh menghafal Al Quran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-quran Hadist. Untuk menunjang keberhasilan siswa dalam kegiatan menghafal Al Quran, maka kelancaran menghafal Al Quran, membaca sesuai dengan kaidah ilmu tajwid dan kafasihan dalam membaca Al Quran harus dimiliki oleh siswa. Selanjutnya untuk memperoleh hasil belajar siswa maka dapat dilihat dari ketiga aspek belajar, yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Abdul Majid Khon, (2013) Praktikum Qira‟at Keanehan Membaca Alquran Qira‟at Ashim dari Hafash.

Acep Lim Abdurrohim. (2013). Pedoman Ilmu Tajwid Lengkap. Bandung: CV. Penerbit Diponegoro.

Ahmad Salim Badwilan, (2020). Panduan Cepat Menghafal Alquran. Yogyakarta: Diva Press.

Ahmad Syam Madyan. (2018). Peta Pembelajaran Alquran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Ahmad Zainal Abidin. (2015). Kilat dan Mudah Hafal Juz‟ Amma. Yogyakarta: Sabil.

Ahsin W. Al-Hafidz. (2020). Bimbingan Praktis Menghafal Alquran. Jakarta: Bumi Aksara.

Ali Romdhoni, MA. (2013). Alquran dan Literasi Sejarah Rancang Bangun Ilmu-Ilmu Keislaman. Jakarta: Litaratur Nusantara.

Anas Sudijono. (2019). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Andi Prastowo. (2014). Pembelajaran Kontruktivistik Untuk Pendidikan Agama Di sekolah/Madrasah. Jakarta: Rajawali Pers.

Dalman. (2014). Ketrampilan Membaca. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Drs. Ahsin W. A-Hafidz. (2020). Bimbingan Praktis Menghafal Alquran. Jakarta: Bumi Aksara.

H. Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. (2018). Teori belajar dan Pembelajaran. Yojyakarta: Ar-Ruzza Media.

Hadeli. (2016). Model Penelitian Kependidikan. Cet, I; Ciputat Quantum Teaching..

Heru Siswanto dan Dewi Lailatul Izza. (2018). hubungan kemampuan menghafal Alquran dan motivasi belajar dengan hasil belajar PAI siswa Madrasah Aliyah Al-Fathimiyah BanjarWati Pacitan Lamongan (Jurnal Agama Islam Tarbiyatut Tholabah Lamongan, Indonesia).

Imam Abu Zakaria Yahya bin Syaraf An-Nawawi. (2014). AtTibyanu Fi Adabi Hamalatil Qur‟ani. Solo: Al-Qowam.

Kuandar. (2019). Penilaian Autentik Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali.

M. Abdul Qadir Abu Faris. (2015). Mensucikan Jiwa. Jakarta: Gema Insani.

Muhibbin Syah. (2016). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan baru, (Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2005). Model Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2014). Model Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cet. XX; Bandung: Alfabeta.

Suherman, M.Ag. Muhammad Arif Fadhillah Lubis, SHI. M.SI. hubungan kemmapuan membaca Alquran dengan Hasil Belajar Mahasiswa. Program Studi Teknik Mesin Politeknik Negeri Medan. Jurnal Ilmiah ”INTEGRITAS”. Volume 3, Nomor 2.

Sukardi. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan. Cet. XI. Jakarta : PT Bumi Aksara,

Tedjo N. Reksoatmodjo. (2019). Statistika Un tuk Psikologi dan Pendidikan. Cet, II; Bandung : PT. Refika Aditama.

W.J.S, Poerwardarminta. (2016). Kmaus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Wiwi Alawiyah Wahid. (2018). Cara Cepat Bisa Menghafal Aqluran. Jogjakarta: Divapress.

Zakiyah Drajat. (2019). Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.