KONSEP, PRINSIP, TUJUAN, DAN MANFAAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PAI

Isi Artikel Utama

Djamila Paputungan
Syarifuddin Ondeng
Muh. Arif

Abstrak

Bahan ajar merupakan hal terpenting dalam pelaksanaan proses pembelajaran, karena sebuah proses pembelajaran akan mustahil terlaksana dengan baik tanpa adanya perencanaan yang matang. Artikel ini menginterpretasikan tentang konsep, prinsip, tujuan, dan manfaat pengembangan bahan ajar PAI dengan metode penelitiannya adalah Studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui dokumentasi yaitu menggali data menurut aneka macam warta jurnal, buku, tulisan, serta informasi-informasi lain. Kemudian, mencoba menelaah dari beberapa jurnal, artikel, makalah, dan juga buku yang telah diperoleh dan dikumpulkan serta sumber yang sesuai dengan artikel ini. Hasil pembahasan artikel berpusat kepada kenyataanya yang ada dilapangan dimana banyak guru ataupun pendidik belum bisa menguasai bahan pembelajaran apalagi dalam mengembangkannya. Oleh karena itu penting bagi guru untuk mengenal, memahami dan menguasai bahan yang mereka ajarkan untuk dikembangkan.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Anam, Oleh Choirul. 2016. “Pengembangan Bahan Ajar Pai Dengan Model Pendidikan Berparadigma Profetik.” 6(1): 72.

Daryanto, Mulyadi Eko Purnomo, and Helen Sabera Adib. 2020. “Pengembangan Bahan Ajar PAI Materi Qs. Al-Fil Kelas IV SDN 17 Muara Sugihan Berbasis Multimedia.” Muaddib: Islamic Education Journal 3(1): 1–9.

Failasuf, Chakam, Ihwan Rahman Bahtiar, and Andri Ilham. 2022. “Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Sintaksis Arab Berbasis Android Terintegrasi Keterampilan Memecahkan Masalah.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 8(1): 157–63.

Latifah, Alfi, and Andi Prastowo. 2020. “Analisis Pembelajaran Daring Model Website Dan M-Learning Melalui Youtube Pada Mata Pelajaran Pai Kelas 2 Sd/Mi.” Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 1(1): 69–78.

Mahmudin, Afif Syaiful. 2021. “Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Oleh Guru Tingkat Sekolah Dasar.” SITTAH: Journal of Primary Education 2(2): 95–106.

Muddin Imam. 2019. “Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Menggunakan Pendekatan Ilmiah.” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 2(3): 168–78.

Purwanto, Edi, Sumatera Utara, and Problem Based Learning. 2019. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Project Based Learning Mata Kuliah Media Pembelajaran PAI STAI AL-HIKMAH Tanjung Balai.” Edu Riligia 2(3): 335–49.

richard oliver dalam Zeithml., dkk 2018 ). 2021. “Pengembangan Bahan Ajar Modul Mata Pelajaran PAI SMA Kelas X Masa Pandemi Covid-19.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.: 2013–15.

Setyawan, Fariz, and Dwi Astuti. 2021. “Pengembangan Bahan Ajar Kalkulus Integral Berbasis Pendekatan Computational Thinking.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 10(4): 2000.

Sudrajat, Ajat. 2018. “Pengembangan Bahan Ajar Materi Pembelajaran Mapel Pendidikan Agama Islam.” : 1–13.

Sulistyorini, Sulistyorini. 2023. “Efektifitas Pengembangan Bahan Ajar Pai Berbasis Literasi Dalam Melaksanakan Manajemen Berbasis Sekolah.” Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam 10(2): 318–42.

Syafei, Imam. 2019. “Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Problem Based Learning Untuk Menangkal Radikalisme Pada Pendahuluan.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 10(I): 137–58.

Tamami, Rosid. 2021. “Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Menggunakan Aplikasi Geogebra Pada Materi Lingkaran.” Jurnal Teknodik 25(1): 1.

Yuliana, Efri. 2021. “Analisis Kemampuan Guru Dalam Merancang Bahan Ajar.” 1(1): 44–53.