PRINSIP MANAJEMEN KURIKULUM, PEMBELAJARAN DAN KEPESERTADIDIKAN (KAJIAN KURIKULUM MERDEKA)

Isi Artikel Utama

Firda B Hana

Abstrak

Abstrak


Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam, konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Tenaga pendidik memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik. . Penelitian ini menggunakan metode content analysis. Metode Content Analysis yang merupakan sebuah metode penelitian yang objek penelitiannya  bukan manusia. Metode Content Analysis ini menggunakan teks maupun simbol yang berada dalam media.  Analisis teks di dalam pesan teks didasarkan indera manusia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui prinsip manajemen kurikulum, pembelajaran, dan kepesertadidikan dalam kurikulum merdeka.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Abd. Rahman Bahtiar. Prinsip-Prinsip Dan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Jurnal Tarbawi, Vol 1. No 2.

Andini, Gita Tri. 2018 M/1440 H. Manajemen Pengembangan Kurikulum, Jurnal Asema : Jurnal Islamic Education ManajemenVol. 3. No. 2.

Anna Saiti. 2015. “Conflicts in Schools, Conflict Management Styles and the Role of the School Leader: A Study of Greek Primary School Educators”, Educational Management Administration and Leadership”. Vol 43. No 4.

Asiah, Siti. 2017. Dasar Ilmu Manajemen. Yogyakarta:Mahameru Press.

Astuti. 2021. Manajemen Peserta Didik, Adaara:Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol 11. No 2.

Departemen Agama RI. 2006. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta:Dirjen Pendidikan Islam.

Departemen Pendidikan Nasional, Manajemen Kesiswaan (Peserta Didik).Elitok Kesici, Ayse, and Veysel Karani Ceylana. 2020. “Quality of School in Turkey, Findland and South Korea”. International Journal of Evaluation and Research (IJERE), Vol 9, No1.

Fitriyah, Chumi Zahroul & Rizki Putri Wardani. 2022. Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar, Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 12 No. 3.

Hamidah D. 2018. Manajemen Peseta Didik, Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan Vol 6. No 2.

Khoirurrijal, Fadriati, dkk.2022. Pengembangan Kurikulum Merdeka. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.

Kurniawan, Sugeng. 2015. Konsep Manajemen Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an dan Al-Hadits (Studi Tentang Perencanaan), Nur El-Islam. Vol 2. No 2.

Lakisa, Nawir. Kasim Yahiji. Said Subhan Posangi. Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Implikasi Terhadap Peningkatkan Mutu Pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Gorontalo , Irfani, Volume 15 Nomor 2 Desember 2019, h 63

Masykur. 2019. Teori Dan Telaah Pengembangan Kurikulu. Lampung: CV. Anugrah Utama Raharja.

Masykur. 2019. Teori Dan Telaah Pengembangan Kurikulum.Lampung: CV. Anugrah Utama Raharja.

Mu’arif, Annisa Nurhidayati. Farahdila Damayanti . Retno Akmalia. Dkk. 2021.Pengembangan Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol 3 No 1.

Munirah. 2018. Prinsip-Prinsip Belajar Dan Pembelajaran (Perhatian Dan Motivasi, Keaktifan, Keterlibatan Langsung, Pengulangan, Tantangan Dan Perbedaan Individu). Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam. Vol 5 No 1.

Nasbi, Ibrahim. 2017. Manajemen Kurikulum: Sebuah Kajian Teoritis. Jurnal Idaarah. Vol. I, No. 2.

Nugraha, Tono Supriatna. 2022. Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran, Inovasi Kurikulum, Vol 19. No 2.

Nurlina Ariani Hrp, Zulaini Masruro, Siti Zahara Saragih, dkk. 2022. Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Rosyadi, Faiq Ilham & Usman. 2021. Konsep Dasar Kurikulum Pendidikan Islam: Kajian Teoritis Filosofis , Heutagogia: Journal of Islamic Education, Vol 1, No 2.

Salabi, Agus Salim Salabi. 2020. Efektivitas Dalam Implementasi Kurikulum Sekolah, Education Achievment: Journal of Science and Research. Vol 1. No 1.

Setiawan, Andi. 2017. Belajar Dan Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Sista, Taufik Rizki. 2017. Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Kasus di SMK Migas Cepu) ,Vol. 01 No. 01