KAJIAN TEORITIS MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Kurikulum merupakan jantungnya lembaga pendidikan, karena kurikulum dimaksudkan sebagai pedoman dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran di lembaga pendidikan yang bersangkutan. Fakta nyata dalam pelaksanaan kurikulum tentu akan ada sebuah perubahan dalam sistem kurikulumnya. Sebuah rencana pembelajaran, sumber pengajaran, dan pengalaman belajar yang telah diprogramkan sebelumnya membentuk kurikulum. Setiap pendidik dapat menggunakan kurikulum sebagai acuan dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Perkembangan era digital tidak dari kurikulum. Salah satu tolak ukur pengembangan kurikulum pembelajaran mandiri adalah era digitalisasi saat ini. Selain itu, cara pendidikan yang diterapkan selama ini di Indonesia seringkali tidak mencerminkan keadaan guru dan siswa. Akibatnya, Menteri Pendidikan Republik Indonesia, Nadiem Makarim, mencetuskan ide kurikulum merdeka belajar yang menjadi solusi dari permasalahan yang ada di dunia pendidikan Indonesia saat ini. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan kajian teoritis manajemen kurikulum merdeka. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui metode studi literatur, melalui Artikel, Jurnal dan Buku Tentang Kurikulum Merdeka. Kurikulum merdeka menjadi program yang diharapkan dapat melakukan pemulihan dalam pembelajaran, dimana menawarkan tiga karakteristik diantaranya pembelajaran berbasis projek pengembangan soft skill dan karater sesuai dengan profil pelajar pancasila, pembelajaran pada modul esensial dan stuktur kurikulum yang lebih fleksibel.
Rincian Artikel
Referensi
Agustian, I. “Pengaruh Sistem Informasi Manajamen Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Di Pt.Jasaraharja Putra Cabang Bengkulu.” Jurnal Professional Fis Unived Vol.6no.1juni (2019).
Alam. “Merdeka Belajar Dan Mutu Pendidikan.” (2020).
Anita, R., Abbas, E. W., Rahman, A. M., Subiyakto, B., & Rajiani, I. “Activities At Van Der Pijl Park As Social Studies Learning Resources.” The Kalimantan Social Studies Journal, 4(1), (2022).
Baedhowi. “Pengaplikasian Pola Multi Entry-Multi Exit ( Meme ) Guna Mendukung Konsep Merdeka Belajar Di Smk.” Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, (2020).
Butarbutar,Poltak Efrisko. “Kurikulum Merdeka Belajar”. (2020)
Chahyanti. “Pembelajaran Di Era Merdeka Belajar.” (2021).
Daga, A. T. “Makna Merdeka Belajar Dan Penguatan Peran Guru Di Sekolah Dasar.” Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(3), (2021)
Denty.A. Lima Syarat “Link And Match” Pendidikan Vokasi Dan Dunia Industri. (2020)
Fadilah, R., Parinduri, S. A., Syaimi, K. U., & Suharyanto, A. “Islamic Guidance And Counseling To Overcome The Study Difficulty Of Junior High School Students In Smp It Nurul Azizi Medan (Case Study Of Students Experiencing Anxiety).” International Journal Of Psychosocial Rehabilitation, 24, (2020)
Fatmawati, F., & Yusrizal, Y. “Analysis Of The Utilization Of Nature As A Learning Media In The Covid-19 Pandemic Era. Budapest International Research And Critics Institute (Birci-Journal):” Humanities And Social Sciences, 4(4), (2021)
Fatmawati, F., & Yusrizal, Y. “Peran Kurikulum Akhlak Dalam Pembentukan Karakter Di Sekolah Alam Sou Parung Bogor.” Jurnal Tematik, 10(2), (2020)
Gtk, S. “Mengenal Konsep Merdeka Belajar Dan Guru Penggerak.” (2019).
Handy, M. R. N., Sari, D. N., Syaharuddin, S., Putra, M. A. H., & Putro, H. P. N. “Penguatan Nilai Nasionalisme Dalam Sejarah Perjuangan Alri Divisi Iv Kalimantan Selatan Sebagai Sumber Belajar Ips.” Candrasangkala: Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 8(1), (2022).
Hasim, E. “Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Perguruan Tinggi Di Masa Pandemi Covid-19. (2020).
Hendri, N. “Merdeka Belajar; Antara Retorika Dan Aplikasi.” (2020).
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. “Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar Dengan Model Pembelajaran Abad 21 Dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif.” Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), (2022).
Jojor, A., & Sihotang, H. “Analisis Kurikulum Merdeka Dalam Mengatasi Learning Loss Di Masa Pandemi Covid-19 (Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan).” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), (2022).
Jumriani, Muhaimin, M., Abbas, E. W., Mutiani, & Rusmaniah. “Effort Management Tourism Objective Through The Existence Of Social Groups In The Community.” Indonesian Journal Of Business And Entrepreneurship (Ijbe), 8(3), (2022).
Kemendikbud. Mendikbud Tetapkan Empat Pokok Kebijakan Pendidikan “Merdeka Belajar.” (2020).
Kepmendikbudristek Nomor 56 Tahun Tentang Pendoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran (Kurikulum Merdeka) 2022.
Lazwardi, D. “Manajemen Kurikulum Sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan.” Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), (2017).
Mahrus, M. “Manajemen Kurikulum Dan Pembelajaran Dalam Sistem Pendidikan Nasional.” Jieman: Journal Of Islamic Educational Management, 3(1), (2021).
Manalu, J. B., Sitohang, P., & Henrika, N. H. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Pendidikan Dasar,” 1(1), (2022).
Mardhiyah, B., Abbas, E. W., Mutiani, M., Syaharuddin, S., & Subiyakto, B. “Traditional Fishing Tools For Banjar People.” The Kalimantan Social Studies Journal, 4(1), (2022).
Marlia, M., Syaharuddin, S., Handy, M. R. N., Subiyakto, B., & Ilhami, M. R. “Changes In The Behavior Of The Riverside Community Of Banua Anyar Village Towards River Management Policies.” The Kalimantan Social Studies Journal, 4(1), (2022). 1.
Maryam, S. Rpp Satu Lembar Dalam Merdeka Belajar. (2020).
Mastiah, M., Hasanah, M., Putra, M. A. H., Rusmaniah, R., & Ilhami, M. R. Community “Activities In Maintaining The Sustainability Of The Martapura River In Banua Anyar District.” The Kalimantan Social Studies Journal, 4(1), (2022).
Mi’rajiatinnor, D., Abbas, E. W., Rusmaniah, R., Mutiani, M., & Jumriani, J. “Factors Encouraging Entrepreneurship For Students Of The Faculty Of Teacher Training And Education, Lambung Mangkurat University.” The Kalimantan Social Studies Journal, 4(1), (2022).
Miftah, S. “Teknik Analisis Data.” (2021).
Naufal H., Irkhamni I., Dan Yuliyani M. “Penelitian Penerapan Program Sistem Kredit Semester Menunjang Terealisasinya Merdeka Belajar Di Sma Negeri 1 Pekalongan”. Jurnal Konferensi Ilmiah Pendidikan, Vol.1 No.1 (2020).
Ningrum A. S., “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar (Metode Belajar)”, Prosiding Pendidikan Dasar, Vol.1 (2022).
Nugroho, D. A. “Partisipasi Perajin Dalam Pengembangan Seni Kerajinan Anyaman Di Kampung Purun Berbasis Kearifan Lokal.” Pinus: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 8(1). (2022).
Priyono, A., Ismail, A. N., Wardani, R. N., Mardiyanti, D., & Bariroh, L. “Integrasi Manajemen Kurikulum Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran Di Sekolah.” Dinamika : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 6(2), (2021).
Putra, M. A. H., Handy, M. R. N., Subiyakto, B., Rusmaniah, R., & Norhayati, N. “Identifikasi Nilai Budaya Masyarakat Sungai Jelai Basirih Selatan Sebagai Sumber Belajar Ips.” Pakis (Publikasi Berkala Pendidikan Ilmu Sosial), 2(2), (2022).
Rofiq, & Arifin, Z. “Implementasi Kurikulum Darurat Madrasah Di Man I Kota Kediri.” Indonesian Journal Of Humanities And Social Sciences, 2(2), (2021).
Roziqin, Z. “Menggagas Perencanaan Kurikulum Sekolah Unggul.” As-Sabiqun, 1(1), (2019).
Ruhaliah, Dkk., “Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran “Merdeka Belajar” Bagi Guru Bahasa Sunda Di Kota Sukabumi”, Dimasatra: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol.1 No.1 (2020).
Sabriadi H. R. Dan Wakia N. “Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Perguruan Tinggi”, Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol.11 No.2 (2021).
Sari R. M., “Analisis Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan”, Produ: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol.1 No.1 (2019).
Setiadi, H. “Pelaksanaan Penilaian Pada Kurikulum 2013.” Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), (2016).
Sherly, S., Dharma, E., & Sihombing, H. B. “Merdeka Belajar: Kajian Literatur. Urbangreen Conference Proceeding Library, 1, (2020).
Sherly, S., Dharma, E., & Sihombing, H. B. “Merdeka Belajar: Kajian Literatur. Urbangreen Conference Proceeding Library,” 1, (2020).
Suastika, I. N. “Komparasi Tujuan Dan Standar Kurikulum Social Studies Sekolah Dasar Kanada Dan Indonesia.” Journal Of Education, Humaniora And Social Sciences (Jehss), 4(1), (2021).
Suci Elda, Fauzi Ahmad Dan Wahyono. “Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar Di Sdit Sabilul Huda Kota Cirebon.” Jurnal Jiem Of Islamic Education Management (2020)
Supini, E. “5 Tantangan Program Merdeka Belajar Untuk Guru.” (2020).
Supriatna, U. “Implementasi Kebijakan Kurikulum Darurat Madrasah.” Talimuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), (2021).
Suryaman.“Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar.” Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), (2020).
Syaharuddin, S., Handy, M. R. N., Fahlevi, R., Sriwati, S., Wicaksono, B. A., Nugraheny, A. R., Septiawan, A., Mardiani, F., Pebrianto, R. N., & Yani, M. “Menulis Fenomena Sosial Pandemi Covid-19. Program Studi Pendidikan Ips, Fkip Universitas Lambung Mangkurat.” (2021).
Tiara, M., & Yarni, N. “Pendidikan Karakter Berwawasan Sosiokultural Di Sma Kota Padang.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (Jrpp), 2(2), (2019).
Vhalery R., Albertus M. S., Dan Ari W. L., “Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka”, Research And Development Journal Of Education, Vol.8 No.1 (2022).
Yulia, Y., Hasanah, M., Handy, M. R. N., Abbas, E. W., & Rajiani, I. “Economic Activities At Grocery Stalls Along The Riverbank Communities On Banua Anyar.” The Kalimantan Social Studies Journal, 4(1) (2022).