FUNGSI MANAJEMEN DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM MERDEKA DI MA MUHAMMADIYAH KOTA GORONTALO

Isi Artikel Utama

Titi Sofyaningsih Radjak

Abstrak

Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan. Teknik yang dilakukan dalam penelitian ini ialah menggunakan banyak sekali rujukan yang berhubungan dengan tema penelitian yang dimaksud yaitu fungsi manajemen dalam pengelolaan pembelajaran. Seluruh rangkaian pembelajaran bertujuan buat menciptakan syarat dimana para siswa secara aktif pada pembelajaran serta mengembangkan pemahaman yang dimilikinya, menaikkan mutu pembelajaran dan membangun pembelajaran yang efektif dan efisien seta tujuan pembelajaran atau kompetensi dapat tercapai sesuai dengan keputusan yang telah direncanakan. Manajemen mempunyai tugas-tugas yang harus dilaksanakan. Tugas itulah yang bisa disebut sebagai fungsi manajemen, yang terdiri dari planning, organizing, actuating, controlling. Seluruh rangkaian dalam pengelolaan manajemen bertujuan untuk menciptakan kondisi untuk membantu meningkatkan mutu pembelajaran. Karena dalam proses pendidikan seseorang dibentuk agar dapat menjadi individu yang berkualitas. Di dalam sistem pendidikan perlu adanya transformasi manajemen pendidikan. Yang saat ini masih memiliki problem dalam mengatasi setiap kebijakan yang saling tumpang tindih. Kurikulum sekolah harus terdiversifikasi dengan program merdeka belajar agar dapat berjalan secara berkesinambungan dengan Undang-Undang dan peraturan pemerintah yang berlaku. Manajemen kurikulum merdeka belajar pada lembaga pendidikan islam adalah segenap proses usaha bersama untuk memperlancar suatu pencapaian tujuan pengajaran dengan titik berat pada usaha meningkatkan kualitas interaksi dan mengajar.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

A.Sihotang, “Manajemen Sumber Daya Manusia”, (Jakarta: Pradnya Paramita, 2007)

Ansari, A. H., Alpisah, & Yusuf, M.. “Konsep dan Rancangan Manajemen Kurikulum Merdeka di Tingkat Sekolah Menengah Pertama”. Manajemen Administrasi Sekolah-AKWF2305, Vol. 1, No.1, (2022)

B. Siswanto, “Pengantar Manajemen”, (Cet.IV; Jakarta: Bumi Aksara, 2008)

Bafadhol, I. Lembaga Pendidikan Islam di Indoesia. Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 06, No. 11, (2017)

Muhaminul Aziz Yunus, “Fungsi Manajemen Dalam Pengelolaan Kurikulum (Studi Manajemen Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar)”, Al-Minaj: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 4, No. 2, Agustus 2021

Fattah Nanang, “Landasan Manajemen Pendidikan”, (Cet. VIII; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006)

Islamiyah, Nurul. “dalam meningkatkan mutu lulusan ( studi kasus di mi Muslimat NU Pucang Sidoarjo 2019)

Luthfiyyah Saajidah,“Fungsi-Fungsi Manajemen Dalam Pengelolaan Kurikulum.” (Madrasa: Journal of Islamic Educational Management 1, november 2018)

Muslim Hu, “Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar Pada Lembaga Pendidikan Islam: Tinjauan Teoritis”, (Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, Vol. 3, No. 1, February 2023)

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Reemaja Rosdakarya. (2008).

Rusman. Manajemen Kurikulum. PT. Raja Grafindo Persada. (2009)

Sinn Ahmad Ibrahim Abu, Al-Idarah fi Al-Islam, “Terj. Dimyauddin Djuwaini, Manajemen Syariah: Sebuah Kajian Historis dan Kontemporer”, ( Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006)

Saefullah Trisnawati, Ernie dan Kurniawan, “Pengantar Manajemen”, (Jakarta: Kencana, 2005)

Sista Rizki , Taufik, “Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” (Educan : Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 1 2017)

Saajidah Luthfiyyah,“Fungsi-Fungsi Manajemen Dalam Pengelolaan Kurikulum Luthfiyyah Saajidah Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Pesantren Persatuan Islam 24,” (Jurnal Islamic Education Managemen 3, no. 2 2018)

Sukardi. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. (Jakarta: PT. Bumi Aksara. 2009).

Sulfemi, Wahyu Bagja. “Manajemen Kurikulum Di Sekolah” (2019).

Sugiyono. “Memahami Penelitian Kualitatif”. (Bandung: CV. ALFABETA 2008)

Siagian Sondang P, “Manajemen Stratejik” (Cet.V; Jakarta: Bumi Aksara, 2003)

Utami, Try Septy Tanys. “implementasi manajemen kurikulum 2013 di mtsn pandeglang provinsi banten.” (Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan 4, no. 02 2018).