KAJIAN TEORITIS DAN PISIKOLOGIS MANAJEMEN KEPESERTADIDIKAN PADA KURIKULUM MERDEKA

Isi Artikel Utama

Siti Nurain Pabiaiye
Kasim Yahiji

Abstrak

Manajemen kepesertadidikan merupakan salah satu aspek penting dalam manajemen pendidikan. Manajemen kepesertadidikan berkaitan dengan pengaturan dan pengelolaan peserta didik melalui berbagai tahapan proses pendidikan, mulai dari penerimaan hingga pengembangan potensi. Kurikulum merdeka merupakan kebijakan baru dalam pendidikan di Indonesia yang memberikan otonomi kepada sekolah untuk mengatur kurikulumnya sendiri. Kebijakan ini menuntut adanya perubahan paradigma dalam manajemen kepesertadidikan. Kajian ini bertujuan untuk mengkaji aspek teoritis dan psikologis manajemen kepesertadidikan pada kurikulum merdeka. Kajian ini menggunakan metode kajian kepustakaaan, peneliti menggunakan penelitian kepustakaan untuk mengkaji aspek teoritis dan psikologis manajemen kepesertadidikan pada kurikulum merdeka. Hasil kajian menunjukkan bahwa manajemen kepesertadidikan pada kurikulum merdeka harus berorientasi pada peserta didik. Manajemen kepesertadidikan harus dapat memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan potensinya secara optimal.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Akhmad Hapis , “Konsep Dan Rancangan Manajemen Kurikulum Merdeka”, (Sekolah : AKWF 2022 )

Dedi Lazuardi, “Manajemen Kurikulum Sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan”, Jurnal Kependidikan Islam, Vol. 7, No. 1,(Al-Idarah, 2017)

Dwi Efiyanto, “Analisis Penerapan Kebijakan Merdeka Belajar Pada Kurikulum SMK’, (Malang, Universitas Muhammadiyah, 2021)

Rosiana. “Implementasi Manajemen Kurikulum Di SMP Aisyiyah Boarding School”. (Malang: Universitas Muhammadiyah Malang 2020)

Sari, Rati Melda, “Analisis Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan”, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 1, No. 1, (PRODU: Prokurasi Edukasi- 2019)

Shihab. “Merdeka belajar di ruang kelas” ( Jakarta: Lentera Hari 2017)

Daga, “Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru”. Jurnal Educatio FKIP UNMA, Vol. 7, No.3, (2021)

Fadilah & Suharyanto, A. “Islamic Guidance and Counseling to Overcome The Study Difficulty of Junior High School Students in SMP IT Nurul Azizi Medan”. ). International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24, (Case Study of Students Experiencing Anxiety 2020)

Fatmawati & Yusrizal, “Peran Kurikulum Akhlak dalam Pembentukan Karakter”. Jurnal Tematik, Vol. 10, No. 2 (Alam SoU Parung Bogor. 2020)

Hamalik, “Manajemen Pengembangan Kurikulum”, Cet. IV. (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2010)

Indarta, Y., Jalinus. ”Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0.” (Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 4, No. 2. (2022)

Jojor, A. & Sihotang, H. “Analisis Kurikulum Merdeka dalam Mengatasi Learning Loss di Masa Pandemi Covid-19”, (Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan) Edukatif : Jurnal IlmuPendidikan Vol. 4, No. 4,( 2022)

Lazwardi,“Manajemen Kurikulum Sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan”.Jurnal Kependidikan Islam,Vol.7 , No. 1, (Idarah: Art. 2017)

Manalu, Sitohang. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Pendidikan: 2022)

Maya Kartika, “Manajemen Pendidikan Dalam Merdeka Belajar”, (UNIPMA Press: Universitas PGRI Madiun, 2022)

Olivia, Peter, “Development The Curriculum”, Edisi VI, (New York: Pearso Education, Inc, 2004) .Rusman, “Manajemen Kurikulum”, Seri II (Jakarata: PT. Raja Grafindo Persada: 2009)

Priyono, Bariroh, (2021), “Integrasi Manajemen Kurikulum Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran Di Sekolah. Dinamika”. Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman, Vol. 6, No.2, (Bumi Araska 2022)

Sista, “Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan”. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 1, No. 1, (Educan 2017)