EKSISTENSI POLA ASUH ORANG TUA MEWUJUDKAN ANAK ISLAMI DI ERA DIGITAL

Main Article Content

Suleman Adadau
Rahmawati
Sri Dewi Yusuf

Abstract

Keluarga adalah pondasi utama dalam pada masa depan anak. Ayah dan ibu memiliki tanggung jawab yang sama terhadap anaknya. Karena pada hakikatnya anak merupakan amanah yang harus dijaga yang dipercayakan yang maha kuasa untuk kepada kedua orang tua terutama saat ini tekhnologi makin canggih segala sesuatu pasti dilakukan dengan satu genggaman digitital. Adapun permasalahan yang akan dikaji nanti yakni bagaimana pola asuh orang tua terhadap anak di era digital? bagaimana pandangan Islam terhadap pola asuh anak di era digital. Metode penelitian ini dengan jenis penelitian kualitatif . Menggunakan pendekatan studi kasus kemudian dengan sumber data primer dan sekunder. Dengan tekhnik pengumpulan data observasi dan wawancara.   Berdasarakan hasil pengamatan dilapangan bahwa peran orang tua sangat dibutuhkan untuk mewujudkan anak islami di era digital saat ini. Keteladanan juga kesiapan tua dalam situasi seperti ini sangat dibutuhkan, harus bisa menguasai digital untuk bisa mengawasi anak- anaknya. Adapun Islam memandang tentang perkembangan tekhnologi digital bahwa digital ini bisa membawa pada syurga dan neraka tergantung cara memanfaatkan digital itu sendiri.

Article Details

Section
Articles

References

Agung Putu Agung and Anik Yuesti, Metode Penelitian Bisnis Kuantitatif Dan Kualitatif Edisi Ke-1, 2019,

<https://www.journals.segce.com/index.php/KARTI/article/view/47/49>.

Aslan Aslan, ‘Peran Pola Asuh Orangtua Di Era Digital’, Jurnal Studia Insania, 7.1 (2019), 20 <https://doi.org/10.18592/jsi.v7i1.2269>.

Hamdani.Pandangan Islam terhadap Perkembangan Teknologi, Https://Www.Kompasiana.Com/Alfiubaidillah/5C1a316F43322F3547548463/Pandangan-Islam-Terhadap-Perkembangan-Teknologi

Heman Elia, ‘Peran Ayah Dalam Mendidik Anak’, Veritas: Jurnal Teologi Dan Pelayanan, 1.1 (2000), 105–13 <https://doi.org/10.36421/veritas.v1i1.23>.

Kementerian Pendidikan and others, ‘Pengasuhan Di Era Digital Kata Pengantar’, 2017.

Leni Nurul Azizah and others, ‘Modul Pelatihan Parenting Di Era Digital’, 2017, 1–54.

Mardi Fitri and Na’imah Na’imah, ‘Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Moral Pada Anak Usia Dini’, Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3.1 (2020), 1–15 <https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6500>.

Nurlina Nurlina, ‘Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Kepribadian Anak Di Era Digital’, An-Nisa, 12.1 (2019), 549–59 <https://doi.org/10.30863/annisa.v12i1.453>.

N. Hartini, ‘Metodologi Pendidikan Anak Dalam Pandangan Islam (Studi Tentang Cara-Cara Rasululullah SAW Dalam Mendidik Anak’, Jurnal Pendidikan Islam-Ta’lim, 9.1 (2011), 31–43 <http://www.jurnal.upi.edu/file/03_Metodologi_Pendidikan_Anak N_Hartini.pdf>.

Sadam Fajar Shodiq, ‘Revival Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Era Revolusi Industri 4.0’, At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 2.02 (2019), <https://doi.org/10.24127/att.v2i02.870>.

Sandu Siyoto, M. Ali Sodik, Buku Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif,

( Pustaka Ilmu Group: Yogyakarta , 2015). h. 229

Stephanus Turibius Rahmat, ‘Pola Asuh Yang Efektif Dalam Mendidik Anak Di Era Digital’, Journal Education and Culture Missio, 10.2 (2018), 143 <https://repasitory.stikipsantupaulus.ac.id/122/1/Artikel-jurnal-missio>.

Seri Literasi and Digital Japelidi, ‘DIGITAL’.Fakultas Ushuluddin and others, ‘Anak Dalam Al- Qur’an’, 09530037, 2014.

Ulfah Annajah and Nailul Falah, ‘Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Motivasi Berprestasi Anak Panti Asuhan Nurul Haq Yogyakarta’, Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 13.2 (2017), 102–15 <https://doi.org/10.14421/hisbah.2016.132-07>.

Wawan Setiawan, ‘Era Digital Dan Tantangannya’, Seminar Nasional Pendidikan, 2017, 1–9.