PENGARUH PENGGUNAAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA GURU DI SMA NEGERI SE-KOTA GORONTALO
Main Article Content
Abstract
Dalam dunia pendidikan, kinerja dan ksejahteraan guru merupakan aspek yang penting untuk diperhatikan. Dalam mengukur pengukuran kinerja pegawai, pemerintah Provinsi Gorontalo telah mengembangkan sistem aplikasi untuk melakukan pengukuram kinerja pegawai di lingkungan pemerintah Provinsi Gorontalo salah satunya adalah guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya dampak penggunaan sistem pengukuran Kinerja (Siransija) terhadap kinerja dan kesejahteraan guru di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) se Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui observasi dan angket diantaranya terkait penggunaan siransija, kinerja guru dan kesejahteraan guru. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari guru-guru SMA se-Kota Gorontalo yang telah menggunakan siransija dalam menjalani aktivitas harian. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan SPSS untuk pengujian hipotesis berupa uji t dan uji koefisien determinasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan siransija terhadap kinerja dan kesejahteraan guru melalui hasil analisis uji t dimana diperoleh nilai t hitung lebih besar dari t tabel untuk masing-masing variabel. Implikasi temuan ini menggarisbawahi pentingnya penggunaan Siransija dalam meningkatkan kinerja dan kesejahteraan guru di SMAN. Penelitian ini dapat menjadi landasan bagi pengembangan kebijakan pendidikan yang lebih baik di daerah Provinsi Gorontalo.
Article Details
References
Amrullah, Abdul Malik, Yudin Citriadin, and Muhammad Thohri. “Manajemen penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam meningkatkan kinerja guru pendidikan agama islam di SMKN 1 Narmada Kabupaten Lombok Barat.” Jurnal Ilmiah Mandala Education 9, no. 3 (2023).
Asmara, Yeni, and Dina Sri Nindianti. “Urgensi Manajemen Kelas untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran.” Sindang: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Kajian Sejarah 1, no. 1 (2019): 12–24.
Ayuningtyas, Dian. “Peranan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru.” AT-TA’DIB: JURNAL ILMIAH PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (2017): 1–29.
Bachtiar, Rayendra Wahyu. “Model Evaluasi Countenance Stake Menggunakan Pendekatan Analisis Rasch Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Kolaboratif.” Jurnal Saintifika (2016).
Bahiroh, Imroatin, and Nunuk Hariyati. “Pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah di SMA Darul Ulum 1 Unggulan BPPT Jombang.” Inspirasi Manajemen Pendidikan 8, no. 1 (2020).
Bahnan, Alqis. “Systematic Literature Review Tentang Spiritualitas dan Psychological Well-Being pada Professional Helper” (2023).
Buan, Yohana Afliani Ludo. Guru dan Pendidikan Karakter: Sinergitas Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter di Era Milenial. Penerbit Adab, 2021.
Butar-butar, Frendi. “Analisis Pemberian Kompensasi Guru Swasta Smp Pada Perguruan Advent Pasir Putih Desa Baru Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar.” Universitas Islam Riau, 2021.
Cahyana, Ade. “Upaya Peningkatan Mutu Sekolah melalui Satuan Otonomi Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 16, no. 2 (2010): 109–117.
Damayanti, Desy, and Ahmad Khairul Nuzuli. “Evaluasi efektivitas penggunaan teknologi komunikasi dalam pengajaran metode pendidikan tradisional di sekolah dasar.” Journal of Scientech Research and Development 5, no. 1 (2023): 208–219.
Danumiharja, Mintarsih. Profesi tenaga kependidikan. Deepublish, 2014.
Diniaty, Dewi, and Muhamad Fairus. “Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pegawai Perpustakaan UIN Suska Riau.” SITEKIN: Jurnal Sains, Teknologi dan Industri 11, no. 2 (2014): 297–304.
Efendi, Asep, and CHRM Ahmad Azmy MM. “KONSEPTUAL MODEL QUALITY OF WORK LIFE PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR OTOMOTIF: A LITERATURE REVIEW.” Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi 2, no. 6 (2024): 242–257.
Farmawaty, Eka, Anwar Ramli, and RAHMATULLAH RAHMATULLAH. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Guru Ekonomi Pada Sma Negeri Di Kota Makassar.” Jurnal Ekonomi dan Pendidikan" Jekpend" 1, no. 2 (2018): 23–29.
Fauzi, Akhmad. Manajemen Kinerja. Airlangga university press, 2020.
Fauzi, Anis. “APAKAH TENAGA KEPENDIDIKAN KITA SUDAH PROFESIONAL DAN SEJAHTERA?” El-FAKHRU 1, no. 2 (2022): 140–149.
FAUZIAH, N U R. “HUBUNGAN ANTARA LOCUS OF CONTROL DENGAN KINERJA GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI KECAMATAN CIMANGGIS KOTA DEPOK.” UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA, 2016.
Fauziana, Dyah. “Pengaruh sarana dan prasarana sekolah dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru di pondok pesantren al-Islam Joresan Mlarak.” IAIN Ponorogo, 2017.
Hadijaya, Yusuf. “Menyusun strategi berbuah kinerja pendidik efektif” (2013).
Hartono, SPSS. “Analisis Data Statistika dan Penelitian.” Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.
Haryani, Haryani, Amjad Salong, Nofvia de Vega, Muhamad Januaripin, Yoppy Yohana, Nelly Nelly, Alice Yeni Verawati Wote, Nurjanah Nurjanah, Farid Haluti, and Lalu Suhirman. Profesi Keguruan: Teori & Konsep Profesi Keguruan yang Profesional untuk Menghasilkan Peserta Didik yang Unggul. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2024.
Hibrizi, Muhammad Hilal. “Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Kinerja Guru dalam Pembelajaran” (2023): 1–157.
Ilyas, Rahmat. “Etika konsumsi dan kesejahteraan dalam perspektif ekonomi islam.” AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam 1, no. 1 (2016): 152–172.
Imroatun, Siti, and Sukirman Sukirman. “Pengaruh lingkungan kerja, kompensasi kerja, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru Ekonomi/Akuntansi di SMA Negeri Se-Kabupaten Wonosobo.” Economic Education Analysis Journal 5, no. 1 (2016).
Indonesia, KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003.” Tentang sistem pendidikan nasional (2003).
INDONESIA, PRESIDEN REPUBLIK. “UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 14 TAHUN 2005 TENTANG GURU DAN DOSEN” (n.d.).
———. “Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.” Departemen Pendidikan Nasional, 2003.
Indonesia, Republik. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2009 Tentang Kesejahteraan Sosial.”.” Jakarta, RI (2009).
Indriawati, Prita, Nurliani Maulida, Dias Nursita Erni, and Wanda Haditiya Putri. “Kinerja Guru dalam Mutu Pendidikan di SMAN 02 Balikpapan.” Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP 3, no. 3 (2023): 204–215.
Kartini, Dewi, and Muhammad Kristiawan. “Pengaruh tunjangan profesi dan motivasi kerja terhadap kinerja guru.” Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan 6, no. 1 (2019): 25–33.
Kementeriaan Agama R.I. Al Quran dan Terjemahan QS Al-Alaq ayat 1-5, n.d.
———. Al Quran QS. Al-Anam ayat 135. Dell Books, n.d.
———. Al Quran QS Al-An’am ayat 135, n.d.
———. Al Quran QS Al-Jasiyah ayat 22. Gorontalo: Erlangga, n.d.
———. Al Quran QS Al-Kahf ayat 66-70, n.d.
———. Al Quran QS Al-Mujadillah ayat 11, n.d.
———. Al Quran QS At-Taubah ayat 105, n.d.
———. Al Quran QS Fussilat ayat 31. Institut Pertanian Bogor, n.d.
Kusuma, Adri. “Analisis Implementasi Penilaian Sasaran Kerja Pegawai (SKP) pada Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Sekretariat Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi RI.” Jurnal Indonesia Sosial Sains 2, no. 09 (2021): 1419–1428.
Ma’rifah, Ishfina Ziyadatul. “Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kesejahteraan Guru Terhadap Kinerja Guru di MI se kecamatan Jekulo Tahun Ajaran 2022/2023.” IAIN KUDUS, 2023.
Masnun, Moh. “Strategi Peningkatan Kinerja Guru.” Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI 1, no. 2 (2014).
Maulidya, Peacia Arum. “PENGARUH KESEJAHTERAAN TERHADAP DISIPLIN KERJA GURU DI SMPN 19 BANDAR LAMPUNG.” Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, n.d.
Mirdayanti, Rina. “Momentum Berbenah Dunia Pendidikan Dimasa Pandemi Covid-19.” Covid-19 Dalam Ragam Tinjauan Perspektif (2020): 81.
Moonti, Roy Marthen, Nurwita Ismail, Julia Kristi Karepoan, and Hardianto Djanggih. “Pelaksanaan Pengukuran Prestasi Kerja Terhadap Aparatur Sipil Negara (ASN) di Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo.” Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum 12, no. 2 (2018): 151–161.
Muktamar, Ahmad, Ardan Saputra, Muh Zali, and Nabila Batara Ugi. “Mengungkap Peran Vital Kepemimpinan dalam Manajemen SDM: Produktivitas, Kepuasan Kerja, dan Retensi Tenaga Kerja yang Berkualitas.” Journal of International Multidisciplinary Research 2, no. 2 (2024): 9–19.
Mulyani, Fitri. “Konsep Kompetensi Guru Dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen (Kajian Ilmu Pendidikan Islam).” Jurnal Pendidikan UNIGA 3, no. 1 (2017): 1–8.
Ningsih, Ida. “Hubungan Kesejahteraan Guru dengan Kinerja Guru di Sekolah Menengah Atas Persatuan Guru Republik Indonesia Pekanbaru.” UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU, 2019.
Notowidagdo, Rohiman. Pengantar Kesejahteraan Sosial: berwawasan iman dan takwa. Amzah, 2022.
Octavia, Shilphy Afiattresna. Sikap dan kinerja guru profesional. Deepublish, 2019.
Palembangan, Cira Nessy, and Hotmaulina Sihotang. “Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7, no. 2 (2023).
Pianda, Didi. Kinerja guru: kompetensi guru, motivasi kerja dan kepemimpinan kepala sekolah. CV Jejak (Jejak Publisher), 2018.
Podungge, Djamila, Imam Mashudi, and Karlina Napu. “Analysis of Performance Assessment System Model of Civil Servants in Gorontalo Province Training and Education Agency.” Journal La Sociale 1, no. 4 (2020): 27–32.
Prasetyo, Danang, Marzuki Marzuki, and Dwi Riyanti. “Pentingnya pendidikan karakter melalui keteladanan guru.” Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN 4, no. 1 (2019): 19–32.
Pribadi, Benny A, and Edy Sjarif. “Pendekatan konstruktivistik dan pengembangan bahan ajar pada Sistem Pendidikan Jarak Jauh.” Jurnal pendidikan terbuka dan jarak jauh 11, no. 2 (2010): 117–128.
Puluhulawa, Citro W. “Kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual meningkatkan kompetensi sosial guru.” Makara Human Behavior Studies in Asia 17, no. 2 (2013): 139–148.
Purwanto, Agus. “Studi eksplorasi dampak Work from Home (WFH) terhadap kinerja guru selama pandemi COVID-19.” EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling 2, no. 1 (2020): 92–100.
Rachmansyah, Andhika Putra. “PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN SISTEM PENILAIAN KINERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SMK PGRI 2 CIMAHI.” Universitas Pendidikan Indonesia, 2020.
Riduwan, M B A. “Metode dan teknik menyusun tesis.” Bandung: Alfabeta (2010).
Ritonga, Carles. “UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS TENAGA PENDIDIK DI SD IMAM NAWAWI SCHOOL BOGOR.” UNISAN JURNAL 3, no. 3 (2024): 600–608.
RIZQI, ZULYA AMAYRA. “STUDI KUALITATIF KESEJAHTERAAN GURU SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH DI KOTA YOGYAKARTA.” Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 2024.
Rohman, Miftaku. “Konsep pendidikan islam menurut ibn sina dan relevansinya dengan pendidikan modern.” Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman 8, no. 2 (2013): 279–300.
Rukminto Adi, Isbandi. “Kesejahteraan Sosial.” PT Raja Grafindo Persada, Jakarta (2015).
Sagala, K P, J J Messakh, and ... “Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Sistem Penilaian Kinerja Guru yang Efektif.” Regula Fidei: Jurnal … 9 (2024): 108–120. http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/article/view/210%0Ahttp://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/article/download/210/128.
Sarifudin, Agus. “peningkatan kinerja guru dalam implementasi penilaian sistem SKS melalui supervisi akademik pengawas sekolah.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 02 (2019): 417–434.
Septarina, Mifta. “PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN LAMANYA BEKERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. PEGADAIAN SYARIAH SIMPANG PATAL PALEMBANG.” UIN Raden Fatah Palembang, 2017.
Setiawan, Andre. “Pengaruh gaya kepemimpinan partisipatif terhadap kinerja karyawan melalui motivasi kerja dan kepuasan kerja.” Agora 5, no. 2 (2017).
Setiawan, Onky Dwi, and Deborah Christine Widjaja. “Analisa Pengaruh Employee Engagement Terhadap Kinerja Karyawan dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening di Shangri-La Hotel Surabaya.” Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa 6, no. 2 (2018).
Sholeh, Muhamad. “Keefektifan Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru.” JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan) 1, no. 1 (2016): 41–54.
Solechan, Solechan, Zahrotun Ni’mah Afif, Sunardi Sunardi, Binti Masrufa, and Ainur Rofiq. “Pelatihan dan pendampingan tentang strategi Kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi Guru bidang profesional Di SMA Primaganda Jombang.” An Naf’ah: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 2 (2023): 135–146.
Sugiyono, Dr. “Metode penelitian kuantitatif dan R&D.” Bandung: Alfabeta (2010).
Sukatin, Sukatin, and Fitri Nasution. “Pengukuran Kinerja Dan Akuntabilitas Pendidikan.” PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2, no. 2 (2021).
Sulastri, Sulastri, Happy Fitria, and Alfroki Martha. “Kompetensi profesional guru dalam meningkatkan mutu pendidikan.” Journal of Education Research 1, no. 3 (2020): 258–264.
Tihul, Inan. “Eksistensi Guru Sebagai prIbadi Yang Profesional Dan Inspiratif.” Jurnal Alasma: Media Informasi dan Komunikasi Ilmiah 2, no. 2 (2020): 197–206.
Wagiran, Wagiran, Soenarto Soenarto, and F X Soedarsono. “Determinan kinerja guru smk bidang keahlian teknik mesin.” Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 17, no. 1 (2013): 148–171.
Wahyudin, Dadang. “Pengaruh Tingkat Kesejahteraan Guru dan Beban Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru.” An-Nidhom: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5, no. 2 (2020): 135–148.
Widyastuti, Astriana. “Analisis hubungan antara produktivitas pekerja dan tingkat pendidikan pekerja terhadap kesejahteraan keluarga di Jawa Tengah tahun 2009.” Economics Development Analysis Journal 1, no. 2 (2012).
Yasinta, Anis. “Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Di MTS Negeri 1 Bandar Lampung.” UIN Raden Intan Lampung, 2018.
Yunita, Agustian Sari. “ANALISIS PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN LOYALITAS KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi PT KAI (PERSERO) DIVRE IV TANJUNG KARANG).” UIN RADEN INTAN LAMPUNG, 2022.
Yusma, H. “Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi terhadap Kinerja Guru di Sekolah Dasar Negeri 009 Koto Mesjid Kabupaten Kampar.” Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau) (2021).