PENGELOLAAN PENDIDIKAN ISLAMIC BOARDING SCHOOL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENGEMBANGAN KARAKTER DAN PENINGKATAN KECERDASAN SPIRITUAL DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KOTA GORONTALO

Main Article Content

Atika R. Mohune
Arten H. Mobonggi
Lamsike Pateda

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Pengelolaan Pendidikan Islamic Boarding School dan Implikasinya Terhadap Pengembangan Karakter dan Peningkatan Kecerdasan Spiritual. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pengelolaan sistem pendidikan Islamic boarding school yang dilaksanakan oleh pihak madrasah sangat efektif meskipun pada sisi lain diperlukan pengelolaan yang lebih berorientasi pada pola pembinaan akademik dan non akademik (2) Pengembangan karakter peserta didik dalam sistem pendidikan boarding school di Madrasah Aliyah Negeri Kota Gorontalo memiliki beberapa program sholat berjamaah, tahsin, belajar baca tulis Al-Qur’an, memperlancar bacaan panjang pendek di dalam Al-Qur’an, program ta’lim program setoran hafalan jadi setiap program tahsin dilaksanakan peserta didik selalu menyetorkan hafalan mereka. Program mufrodat, peserta didik belajar Bahasa Arab, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia. (3) Dalam peningkatan kecerdasan spiritual kepada peserta didik para pengelola asrama memiliki strategi diantaranya: memberi teladan, pembiasaan yang baik, dan nasehat oleh pengelola asrama.

Article Details

Section
Articles

References

A., Arief & Cahyandaru, P. Implementasi Media E-Learning untuk Pendidikan Karakter bagi Peserta Didik. Jurnal Taman Cendekia. 2018

Abudin, N. (1997). Filsafat Pendidikan Islam. In Logos Wacana Ilmu.

Ali Nur. Pengorganisasian Kurikulum dan Pembelajaran pada Sekolah Kejuruan di Lingkungan Pesantren. Vol 4. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 2019

Alwi, M., Ibnu, U., & Jakarta, C. (2023). Implementasi Fungsi Manajemen Dalam Penerapan Boarding School. 6(April), 9–18.

Muri Yusuf, (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana

Annas Nuraisyah Annisa. Manajemen Peserta Didik Berbasis Kecerdasan Spiritual Pendidikan Islam. Vol 5. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 2017

Annas Nuraisyah Annisa. Manajemen Peserta Didik Berbasis Kecerdasan Spiritual Pendidikan Islam. Jurnal TADBIR 5. 2017

Arifin Zainal. Sekolah Berasrama dalam Pelaksanaan Pendidikan Karakter di Kabupaten Jeneponto. Prosiding Seminar Nasional LP2M UNM. 2019

Arifah, Mukhsinatul. 2019. Manajemen Boarding School dalam Pengembangan Karakter Siswa Sekolah Menengah Pertama Islam An-Nawawiyyah Rembang. Tesis. Universitas Negeri Malang.

Fahham Muchaddam. Character Education in Islamic Boarding School. Vol 4. Jurnal Aspirasi. 2013

Faridah, F., Arismunandar, A., & Bernard, B. Sekolah Berasrama di Sulawesi Selatan. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan. 2019

Fauziah Irma. Penguatan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik melalui Pembelajaran Al- Quran dan Hadist di Madrasah Ibtidaiyah. Vol 8. Jurnal Ilmiah Innovative. 2021

Firoh, M. (2021). Manajemen Program Islamic Boarding School Dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa di SMA Bakti Ponorogo.

Gazali Novri. Penanaman Nilai- Nilai Karakter Peserta Didik. Vol 3. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 2019

Handayani Meti. Problematika Pengembangan Karakter Peserta Didik di Era 4.0. Vol 7. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. 2019

Indrayani Fifi, dkk. Pentingnya Kecerdasan Spiritual bagi Self-Regulated Learning. Vol 9. Jurnal Studia Insania. 2021

Jalaludin. (2005). Psikologi Agama. PT. RajaGrafindo Persada.

Lexy J Maleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2018

Lubis Rifai Rahmat. Optimalisasi Kecerdasan Spiritual Anak (Studi Pemikiran Nasih Ulwan dalam Kitab Tarbiyatul Aulad) Jurnal Al-Fatih 1. 2018

Marinda, F. (2021). Peran Sistem Boarding School Dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas VII di MTS Al-Mubaarak Kota Bengkulu.

Mobonggi, Arten, D. (2023). Pengelolaan Pembelajaran (Suatu Pendekatan Teori dan Praktik). Cahaya Arsh Publisher.

Maghfuri Amin dan Suwadi. Studi Komparatif Pola Pengelolaan Sekolah Islam Berasrama Antara SMAIT Ihsanul Fikri dan SMAI Al Azhar A comparative study of boarding school management system between SMAIT Ihsanul Fikri andSMAI Al Azhar. Vol 23. Jurnal Ta’dib. 2020

Muhamad Solikhun. Pembentukan Karakter Siswa dengan Sistem Boarding School. Wahan Islamika: Jurnal Studi Keislaman. 2018

Mudlofar M. Strategi Peningkatan Kecerdasan Spiritual dalam Pendidikan Islam. Vol. 26. Jurnal Tasyri’. 2019

Maimun Yusuf Muhamad. Urgensi Manajemen Pendidikan Islamic Boarding School. Vol 2. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi). 2021

Maemunah. Kebijakan Pendidikan pada Era Revolusi Industri 4.0. In Membangun Pendidikan yang Mandiri dan Berkualitas pada Era Revolusi Industri 4.0. Mataram: Universitas Muhammadiyah Mataram Press. 2018

Mania, S. Observasi Sebagai Alat Evaluasi Dalam Dunia Pendidikan Dan Pengajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan. 201

Mia, Nugroho, P. J., & Sumarnie. Manajemen Pendidikan Karakter Sekolah Berasrama. Equityi in Education Journal. 2020

Miles, B. Matthew & Huberman, A. Michael. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press. 1992

Nasution S. Metode Research: Penelitian Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara: 2019

Noveliza Rudyolindy Theodora Tepy. Stretegi Pengelolaan Sekolah Tinggi Berasrama di Kabupaten Semarang. Vol 3. Jurnal Manajemen Pendidikan

Perdana Satria Novrian. Character Education Model Based on Education in Islamic Boarding School. Vol 1. Jurnal Edutech. 2015

Rohmani Dewi. Perubahan Sosial Budaya Pada Upacara Adat Saparan Ki Ageng Wonolelo di Pondok Wonolelo Widodomartani Ngemplak Sleman Yogyakarta. UNY. 2011

Rohman, Abd, Mujahid Abdul. Pendidikan Karakter Siswa Pondok Pesantren di Era Revolusi Industry 4.0. Vol. 6. Jurnal Islamic Education. 2022

Rizali Ahmad. Analisis Data Kualitatif. Vol 17. Alhadharah Jurnal Ilmu Dakwah. 2018

Rofiq Ainur. Pembinaan Karakter dalam Pendidikan Islamic Holistik Berbasis Pesantren. Vol 1. Junal Ilmuna 2019

Silvi, F. (2017). Evaluasi Pelaksanaan Program Boarding School MAN 4 Jakarta. 8, 126–133.

Sjarkawi. (2006). Pembentukan Kepribadian Anak (Peran Moral, intelektual, emosional, dan sosial Sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri). PT. Bumi Aksara.

Susiyani Septilinda Andri. Manajemen Boarding School dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam di Muhammadiyah Boarding School (MBS) Yogyakarta. Vol 2. Jurnal Pendidikan Madrasah. 2017

Setiawan Irfan. Pembinaan dan Pengembangan Peserta Didik pada Institusi Pendidikan Berasrama. Jatinagor: Smart Writing. 2013

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta) 2018

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta) 2019

Suwarna Al Muchtar, (2015) Dasar Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Mandiri

Syafaruddin, Dkk. 2017. Implementasi Program Pendidikan Asrama dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Santriwati di Asrama Bahasa Arab Hubbul Wathan Medan. Tesis. UIN Sumatera Utara

Tawakal, F. (2016). Manajemen Pembelajaran Sistem Boarding School di Sekolah Umum dan Madrasah ( Studi Multi Situs di SMP Nabawi Maftahul Ulum Blitar dan MTs Ma ’ arif NU 2 Sutojayan Blitar

Undang- Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Undang- Undang Nomor 19 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Yantiek Ermi. Kecerdasan Emosi, Kecerdasan Spiritual, dan Perilaku Prososial remaja. Jurnal Persona 3. 2014