PERENCANAAN PENDIDIKAN DALAM STUDI AL-QURAN DAN HADIS

Main Article Content

Firda B Hana
Kasim Yahiji
Baso Tola

Abstract

Perencanaan pendidikan dapat berarti sebuah proses pembuatan peta perjalanan ke masa depan pendidikan.proses perencanaan pendidikan akan terus berjalan, berkembang dan memperbarui sepanjang proses itu. Penelitian ini menggunakan metode content analysis. Metode Content Analysis yang merupakan sebuah metode penelitian yang objek penelitiannya  bukan manusia. Metode Content Analysis ini menggunakan teks maupun simbol yang berada dalam media.  Analisis teks di dalam pesan teks didasarkan indera manusia. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji mengenai konsep perencanaan pendidikan studi al-qur’an dan hadis, prinsip-prinsip perencanaan pendidikan studi al-qur’an dan hadis, dan langkah-langkah perencanaan pendidikan studi al-qur’an dan hadis. Sehingga kegiatan perencanaan berjalan dengan optimal. Perencanaan pendidikan yang ada dalam al-quran dan hadis merupakan perencanaan yang fleksibel.

Article Details

Section
Articles

References

Ahmadi, Abu & Nur Uhbiyati.2015.Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Rusdiana, Ahmad.2021. Perencanaan Pendidikan.Bandung.

Suja’I, Ahmad.2018.Prinsip-Prinsip Perencanaan Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an. Ijtimaiyya. Vol 11. No 2.

Akrim.2020. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam,.Yogyakarta:Bildung.

Nurdin, Ali.2019. Perencanaan Pendidikan Sebagai Fungsi Manajemen.Depok: Raja GrafindoPersada.

Saiti ,Anna.2015. “Conflicts in Schools, Conflict Management Styles and the Role of the School Leader: A Study of Greek Primary School Educators”, Educational Management Administration and Leadership”. Vol 43.No 4.

Ritonga,Asnil Aidah. Zulfahmi Lubis. Dkk.2022. Manajemen Pendidikan Islam:Konsep Planning Ditinjau dalam Ayat Al-Qur’an, Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan.Vol 4. No 1.

Nasution, Buyung Saroba.2022.Manajemen Perencanaan Pendidikan Islam Menurut Al-Qur’an. Al Fawatih. Vol 3. No 1.

Mulyasana, Dedy. Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Kesici, Elitok. Ayse. and Veysel Karani Ceylana.2020. “Quality of School in Turkey, Findland and South Korea”. International Journal of Evaluation and Research (IJERE). Vol 9. No1.

Hamengkubuwono.2016. Ilmu Pendidian Dan Teori-Teori Pendidikan. Curup:CV Karya Hasri Zitaq.

Machali, Imam & Didin Kurniawan.2016.Manajemen Pendidikan:Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan.Yogyakarta:Ar-Ruzz.

Irviana, Ira.2020.Understanding the Laerning Models Design for Indonesian Teacher, Internasional Journal Of Asian Education.Vol 01. No 2.

Kasmawati.2019.Implementasi Perencanaan Pendidikan dalam Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Idaarah. Vol III. No 1.

Khalik & Musyafa.2020.Manajemen Pendidikan Islam Kontemporer. Bandung:Oman Publishing.

Ngadi,Main. Said Subhan Posangi, dkk. 2020.Perencanaan Pendidikan Dalam Studi Alquran dan Hadis. Jurnal Al-Himayah. Vol 4, No 1.

Thoha, Mohammad.2016. Manajemen Pendidikan Islam Konseptual dan Operasional. Surabaya:CV Salsabil Putra Pratama

Yahya,Mohammad.2020. Ilmu pendidikan.Jember:IAIN Jember Press.

Asyukur ,Muamar. Abustani Ilyas, dkk.2022.Nilai-nilai Perencanaan Pendidikan Islam (Kisah Nabi Musa As Bersama Nabi Khidir As) Dalam Surah Al-Kahfi Ayat 60-82. Jurnal Pendidikan Islam. Vol 11, No 2.

Muhaimin2015.Manajemen Pendidikan: Aplikasinya dalam penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah.Jakarta:Prenada Media Group.

Nuryasin, Muhamad & Margono Mitrohardjono.2019. Strategi Perencanaan Pengembangan Pendidikan Islam Di Indonesia. Jurnal Tahdzibi. Vol 4, No 2.

Mukni’ah.2016.Perencanaan Pembelajaran Sesuai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Kurikulum 2013 (K-13). Jember:Pustaka Pelajar.

Yusuf,Munir.2018. Pengantar Ilmu Pendidikan. Palopo:Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.

Sholahuddin, Nur, hikmatul Asqi,dkk.2021. Fungsi Perencanaan Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Hadits, Leadership. Vol 2. No 2.

Zazin,Nur.2018. Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan Islam.Malang:Edulitera.

Nuraeni & Endin Mujahidin.2021. Landasan dan Prinsip-Prinsip Perencanaan Pendidikan islam, Idarah Tarbawiyah. Vol 2. No 2.

Hidayat, Rahmat & Candra Wijaya.2019. Ilmu Pendidikan ”Konsep, Teori, dan Aplikasinya”. Medan:Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.

Asiah,Siti.2017. Dasar Ilmu Manajemen. Yogyakarta:Mahameru Press.

Asiah, Siti.2018. Manajemen Pendidikan Islam. Gorontalo:Pustaka Cendekia.

Kurniawan,Sugeng2015. Konsep Manajemen Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an Dan Al-Hadits. Nur El-Islam. Vol 2, No 2.

Sukadari.2017. Ilmu Pendidikan Seri 1 (Konsep Dasar). Yogyakarta:Cipta Bersama.

Syafaruddin.2015.Manajemen Organisasi Pendidikan Perspektif Sains dan Islam. Medan:Perdana Publishing.

Albab, Ulil.2021. Perencanaan Pendidikan dalam Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan Islam. Jurnal PANCAR.Vol 5. No 2.

Ramadhani, Yulia Rizki. Rahman Tanjung. Dkk. 2021.Dasar-Dasar Perencanaan Pendidikan.Medan:Yayasan Kita Menulis.