IMPLIKASI MANAJEMEN KEPESERTADIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH UMUM (KAJIAN KURIKULUM MERDEKA)

Main Article Content

Mantik Hasan
Abdul Haris Abdullah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implikasi manajemen kepesertadidikan yang berada di Sekolah Menengah Umum dalam Kajian Kurikulum Merdeka. Penelitian ini merupakan jenis library search atau kajian pustaka. Manajemen kepesertadidikan yang berada di Sekolah Menengah Umum pada dasarnyaKurikulum memiliki beberapa komponen, yaitu: tujuan, isi atau materi, proses pembelajaran, dan evaluasi. Keempat komponen tersebut saling berkaitan satu sama lain1. Tentang urutan komponen kurikulum, para ahli berbeda pendapat, ada yang menganjurkan dirumuskan tujuan terlebih dahulu dan disusul dengan alat evaluasi, kemudian baru diadakan seleksi materi dan proses pembelajarannya. Ada pula yang mulai dengan seleksi materi yang akan dipelajari, lalu ditentukan tujuan yang akan dicapai, kemudian baru dipikirkan proses pembelajaran dan cara mengadakan evaluasi.

Article Details

Section
Articles

References

Akhmad Hapis , “Konsep Dan Rancangan Manajemen Kurikulum Merdeka”, (Sekolah : AKWF 2022 )

Ali Imron, Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2015)

Mulyasa, Pengembangan Implementasi Kurikulum 2013 (Bandung, PT Remaja Rodaskarya, 2015)

Lazwardi,“Manajemen Kurikulum Sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan”. Jurnal Kependidikan Islam,Vol.7 , No. 1, (Idarah: Art. 2017)

Luthfiyyah Saajidah, “Fungsi-Fungsi Manajemen Dalam Pengelolaan Kurikulum Luthfiyyah Saajidah Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Pesantren Persatuan Islam 24,” Jurnal Islamic Education Managemen 3, no. 2, 2018,

Manalu, Sitohang. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Pendidikan: 2022)

Maya Kartika, Manajemen Pendidikan Dalam Merdeka Belajar, (UNIPMA Press: Universitas PGRI Madiun, 2022).

Mulyono. Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan, (Yogyakarta: AR-Ruzz Media Groups, 2008)

Najeelaa Shihab. “Merdeka belajar di ruang kelas” ( Jakarta: Lentera Hari 2017)

Soegabio Admodiwiro, Manajemen Pendidikan Indonesia, (Jakarta: PT Arda Dizya Jaya, 2000),

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar

UU SISDIKNAS, Eokusindo Mandiri, cet ke-2 2012

https://www.kompasiana.com/mariareginakrismagabriella/61c88f2c06310e166b7ff3e2/pengaruh-manajemen-kesiswaan-terhadap-hasil-belajar-siswa, dikases pada tanggal 6 Juni 2024

https://e-ujian.id/kurikulum-merdeka-pengertian-dan-perbedaannya-dengan-k13/, diakses pada tanggal 6 Juni 2024

https://www.kompasiana.com/trisundari19/6243177f0bfeac5aea3ca4e2/peran-manajemen-peserta-didik-merdeka-belajar-untuk-meningkatkan-kegiatan-pembelajaran-di-era-pandemi-covid-19, diakses pada tanggal 8 Juni 2024.