IMPLIKASI PERENCANAAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SMP NEGERI 1 TELAGA

Main Article Content

Sri Dinawaty Suyitno
Mujahid Damapolii

Abstract

Penelitian ini membahas tentang implikasi perencanaan kurikulum merdeka belajar dalam pembelajaran berdiferensiasi di SMP Negeri 1 Telaga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implikasi perencanaa kurikulum merdeka belajar dalam pembelajaran berdiferensiasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu suatu metode untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah, bahwa peneliti adalah sebagai instrumen kunci. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan cara triangulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat siswa. Pada kurikulum merdeka ini guru-guru merancang dan menyusun perencanaan pembelajaran berdasarkan prinsip berdiferensiasi. Selanjutnya kurikulum merdeka pada capaian pembelajaran disusun perfase dan hal ini merupakan langkah penyederhanaan. Dan pada kurikulum merdeka ujian nasional dihapuskan  dan diganti dengan asesmen kompetensi dan karakter. Serta adanya pelaksanaan projek penguatan profil pelajar pancasila pada sekolah yang telah menerapkan kurikulum merdeka.

Article Details

Section
Articles

References

Breaux. Elizabeth & magee Monique B, How the best teachers differentiate instruction. NY: Routledge, 2013.

Daga, A. T. Kebijakan Pengembangan Kurikulum di Sekolah Dasar (Sebuah Tinjauan Kurikulum 2006 hingga Kebijakan Merdeka Belajar), Jurnal Edukasi Sumba (JES), 2020.

Kusuma, O. D., & Luthfah, S. Modul 2.1 “Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi”, Jakarta: Kemendikbud, 2020.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Reemaja Rosdakarya, 2008.

Mariati Purba dkk. Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction) Pada Kurikulum Fleksibel Sebagai Wujud Merdeka Belaja. Jakarta : Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Republik Indonesia, 2021.

Marlina. Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Inklusif, Padang : Afifa Utama, 2020.

Nugroho Wahyu dan Djoni Setiawan. Merdeka Belajar Sebuah Pilihan Membangkitkan Inovasi dan Gotong Royong, Jakarta : INDOCAMP, 2020.

Priyatma, J. E. “Merdeka Berpikir”, Kompas, 2020.

Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: CV. ALFABETA, (2008).

Sukardi. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2009.

Sularto, “Kebijakan Merdeka Belajar”, Mingguan Hidup, 2020.

Tomlinson, Carol A & Moon, Tonya R. Assessment and student success in a differentiated classroom, VA: ASCD, 2013.

Tuti Marlina. Urgensi Dan Implikasi Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Prosiding SNPE FKIP Universitas Muhammadiyah Metro, 2022.