PERENCANAAN PENDIDIKAN DALAM STUDI ALQURAN DAN HADITS
Main Article Content
Abstract
Tulisan ini membahas mengenai perencanaan pendidikan dalam alquran dan hadis penelitian ini menggunakan metode content analysis. Analisis isi adalah sebuah metode penelitian yang tidak menggunakan manusia sebagai objek penelitian. Metode ini menggunakan simbol atau teks yang ada dalam media tertentu untuk diolah dan dianalisis. Analisis teks dalam pesan teks didasarkan pada indera manusia baik itu didengar, dilihat, dan dirasakan maksud teks. Yang memiliki tujuanu ntuk menganalisis tujuan perencanaan pendidikan menurut alquran dan hadis, prinsip perencanaan pendidikan alquran dan hadis dan fungsi perencanaan pendidikan menurut alquran dan hadis serta bagaimana pengaplikasian didunia pendidikan. Sehingga proses kegiatan perencanaan tetap tersu berjalan secara optimal. tujuan perencanaan pendidikan adalah sebagai alat ukur atau penentu sasaran atau tujuan yang akan dicapai. Perencanaan pendidikan yang dicontohkan oleh nabi muhammad merupakan perencanaan flexibel. fungsi perencanaa.
Article Details
References
Aisyah, Siti. “PERENCANAAN DALAM PENDIDIKAN.” Manajemen Pendidikan Islam 7, no. 1 (2018): 715–731.
Akamansyah. “Perencanaan Prespektif Manajemen Islam.” fakultas Tarbiyah dan keguruan IAIN Raden Intan Lampungh (2014): 634.
Hartanto, Setyo. Konsep Dasar, Substansi Dan Aspek Perencanaan Sistem Pendidikan, 2014.
Hasbiyallah, H, and I Mahlil Nurul Ihsan. Administrasi Pendidikan Perspektif Ilmu Pendidikan Islam, 2019. http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/24690.
Izzan, Ahmad, and Saehudin. Konsep Pendidikan Berbasis Hadis. Edited by UsinS. Artyasa. Cetakan Pe. Bandung, 2016.
Ma’ruf, M. “Konsep Manajemen Pendidikan Islam Dalam Al-Qur’an Dan Hadis.” Didaktika Religia 3, no. 2 (2015): 19–36.
Maturidi. “Prinsip Perencanaan Manajemen Pendidikan Islam Prespektif Alquran” (2004).
Mubarok, Achmat. “MANAJEMEN WAKTU DAN PERENCANAAN DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.” Jurnal Ilmu al-Qur’an dan Tafsir P-ISSN (Cetak) : 2527-6506 E-ISSN (Online) : 2549-9688 Program 2, no. November (2017): 165–178.
Mubin, Fatkhul. “Pengembangan Model Perencanaan Pendidikan” (1982).
Munawaroh, Siti Khoirul. “Manajemen Pendidikan Dalam Al- Qur’an.” Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, 2019.
Ritonga, Nurul Ajima. “Ayat-Ayat Tentang Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam.” Almufida 2, no. 1 (2017): 157–174.
Salim, Ahmad. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Cendekia 7, no. 2 (2014): 127–138.
Setiadi, Hafid. “Dasar-Dasar Teori Perencanaan.” Modul 1 Dasar-Dasar Teori Perencanaan (2014): 1–47.
Suja’i, Ahmad. “Prinsip-Prinsip Perencanaan Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an.” Ijtimaiyya: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam 11, no. 2 (2018): 161–180.
Wijaya, Hengki. “Metode-Metode Penelitian Dalam Penulisan Jurnal Ilmiah Elektronik” (2019): 21–40.
Zainal, Muhammad. “Suatu Analisis Terhadap Fungsi Administrasi” (n.d.): 1–14.
Zaini, Hasna. “Manajemen Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an.” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan 1, no. 1 (2017).
Aisyah, Siti. “PERENCANAAN DALAM PENDIDIKAN.” Manajemen Pendidikan Islam 7, no. 1 (2018): 715–731.
Akamansyah. “Perencanaan Prespektif Manajemen Islam.” fakultas Tarbiyah dan keguruan IAIN Raden Intan Lampungh (2014): 634.
Hartanto, Setyo. Konsep Dasar, Substansi Dan Aspek Perencanaan Sistem Pendidikan, 2014.
Hasbiyallah, H, and I Mahlil Nurul Ihsan. Administrasi Pendidikan Perspektif Ilmu Pendidikan Islam, 2019. http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/24690.
Izzan, Ahmad, and Saehudin. Konsep Pendidikan Berbasis Hadis. Edited by Usin S. Artyasa. Cetakan Pe. Bandung, 2016.
Ma’ruf, M. “Konsep Manajemen Pendidikan Islam Dalam Al-Qur’an Dan Hadis.” Didaktika Religia 3, no. 2 (2015): 19–36.
Mubarok, Achmat. “MANAJEMEN WAKTU DAN PERENCANAAN DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.” Jurnal Ilmu al-Qur’an dan Tafsir P-ISSN (Cetak) : 2527-6506 E-ISSN (Online) : 2549-9688 Program 2, no. November (2017): 165–178.
Mubin, Fatkhul. “Pengembangan Model Perencanaan Pendidikan” (1982).
Munawaroh, Siti Khoirul. “Manajemen Pendidikan Dalam Al- Qur’an.” Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, 2019.
Ritonga, Nurul Ajima. “Ayat-Ayat Tentang Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam.” Almufida 2, no. 1 (2017): 157–174.
Salim, Ahmad. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Cendekia 7, no. 2 (2014): 127–138.
Setiadi, Hafid. “Dasar-Dasar Teori Perencanaan.” Modul 1 Dasar-Dasar Teori Perencanaan (2014): 1–47.
Suja’i, Ahmad. “Prinsip-Prinsip Perencanaan Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an.” Ijtimaiyya: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam 11, no. 2 (2018): 161–180.
Wijaya, Hengki. “Metode-Metode Penelitian Dalam Penulisan Jurnal Ilmiah Elektronik” (2019): 21–40.
Zainal, Muhammad. “Suatu Analisis Terhadap Fungsi Administrasi” (n.d.): 1–14.
Sahlani, tujuan perencanaan pendidikan menurut alquran, (Jurnal Pendidikan 2015 Vol. 12 h.23)
Herawati Achmad, Metode Pendidikan akhlak (Mataram, IAIN MATARAM 2015) h
Fikar, Studi Tentang Perencanaan, Vol. 15 No. 2 September 2019. ISSN. 1979-0074 e-issn. 9 772580 594187
H. Muhaimin, Manajemen Pendidikan Islam “Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah (Jakarta ; Kencana, 2017), Cet.ke-2, 4
Endang Hendra, Al-quran Cordoba, PT Cordoba Internasional 2015 h.548
Hamsa Uno, Nina Lamatenggo, Landasan Pendidikan (Jakarta: Sinar Grafika, 2016), h.34
Mulyono, Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan, ( Jogjakarta, 2008), h.33
Kasmawati, Implementasi Perencanaan Pendidikan dalam Lembaga Pendidikan Islam, JURNAL IDAARAH, VOL. III, NO. 1, (Makasar, Juni 2019)
QS. An-namal [27] : 88
QS. Al Hasyr (59) : 18
QS. Al Hasyar