Prinsip Manajemen Kurikulum, Pembelajaran Dan Kepesertadidikan (Kajian Kurikulum Merdeka)

Main Article Content

Firda B Hana
Kasim Yahiji

Abstract

Curriculum Merdeka is a curriculum with diverse intracurricular learning, the content will be more optimal so that students have enough time to explore concepts and strengthen competencies. Educators have the flexibility to choose various teaching devices so that learning can be tailored to the learning needs and interests of students. . This research uses the content analysis method. Content Analysis method which is a research method whose object of research is not humans. This Content Analysis method uses text and symbols that are in the media. Text analysis inside text messages is based on the human senses. The purpose of this study is to determine the principles of curriculum management, learning, and learners in the independent curriculum.

Article Details

Section
Articles

References

Berdasarkan pembahasan maka dapat disimpulkan sebagai berikut :

Manajemen kurikulum adalah segenap proses usaha bersama untuk memperlancar pencapaian tujuan pengajaran dengan titik berat pada usaha, meningkatkan kualitas interaksi dan mengajar.

Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam, konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.

Perancangan kurikulum merdeka merujuk pada beberapa prinsip yakni, a) standar capaian disiplin ilmu memperhatikan prinsip fokus, ajeg, dan koheren; b) kemampuan untuk transfer kompetensi interdisipliner, dan pilihan; c) keaslian, fleksibilitas, dan keselarasan; dan d) pelibatan, keberdayaan atau kemerdekaan peserta didik, dan keberdayaan atau kemerdekaan guru

Prinsip-prinsip pembelajaran yang relatif berlaku umum yaitu: prinsip perhatian dan motivasi, keaktifan, keterlibatan langsung atau berpengalaman, pengulangan, tantangan, balikan dan penguatan, serta perbedaan individual

Prinsip-prinsip manajemen peserta didik sebagai berikut : a) mempunyai tujuan yang sama terhadap tujuan secara keseluruhan, b) segala bentuk kegiatan harus mengemban misi pendidikan dalam rangka mendidik para peserta didik, c) segala kegiatan diupayakan untuk mempersatukan peserta didik yang latar belakangnya beragam, d) kegiatan peserta didik menjadi bentuk upaya pengaturan terhadap pembimbinga peserta didik, e) kegiatan haruslah mendorong kemandirian peserta didik saat disekolah sampai terjun ke masyarakat, dan f) kegiatan yang diberikan kepada peserta didik haruslah fungsional bagi kehidupan.

Saran

Melalui Artikel Ini, Penulis mengharapkan Prinsip Manajemen Kurikulum, Pembelajaran Dan Kepesertadidikan (Kajian Kurikulum Merdeka) dapat diterapkan secara baik dan benar sesuai dengan prinsip-prinsip yang ada.

Daftar Pustaka

Abd. Rahman Bahtiar. Prinsip-Prinsip Dan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Jurnal Tarbawi, Vol 1. No 2.

Andini, Gita Tri. 2018 M/1440 H. Manajemen Pengembangan Kurikulum, Jurnal Asema : Jurnal Islamic Education ManajemenVol. 3. No. 2.

Anna Saiti. 2015. “Conflicts in Schools, Conflict Management Styles and the Role of the School Leader: A Study of Greek Primary School Educators”, Educational Management Administration and Leadership”. Vol 43. No 4.

Asiah, Siti. 2017. Dasar Ilmu Manajemen. Yogyakarta:Mahameru Press.

Astuti. 2021. Manajemen Peserta Didik, Adaara:Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol 11. No 2.

Departemen Agama RI. 2006. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta:Dirjen Pendidikan Islam.

Departemen Pendidikan Nasional, Manajemen Kesiswaan (Peserta Didik).Elitok Kesici, Ayse, and Veysel Karani Ceylana. 2020. “Quality of School in Turkey, Findland and South Korea”. International Journal of Evaluation and Research (IJERE), Vol 9, No1.

Fitriyah, Chumi Zahroul & Rizki Putri Wardani. 2022. Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar, Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 12 No. 3.

Hamidah D. 2018. Manajemen Peseta Didik, Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan Vol 6. No 2.

Khoirurrijal, Fadriati, dkk.2022. Pengembangan Kurikulum Merdeka. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.

Kurniawan, Sugeng. 2015. Konsep Manajemen Pendidikan Islam Perspektif Al- Qur’an dan Al-Hadits (Studi Tentang Perencanaan), Nur El-Islam. Vol 2. No 2.

Lakisa, Nawir. Kasim Yahiji. Said Subhan Posangi. Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Implikasi Terhadap Peningkatkan Mutu Pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Gorontalo , Irfani, Volume 15 Nomor 2 Desember 2019, h 63

Masykur. 2019. Teori Dan Telaah Pengembangan Kurikulu. Lampung: CV. Anugrah Utama Raharja.

Masykur. 2019. Teori Dan Telaah Pengembangan Kurikulum.Lampung: CV. Anugrah Utama Raharja.

Mu’arif, Annisa Nurhidayati. Farahdila Damayanti . Retno Akmalia. Dkk. 2021. Pengembangan Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol 3 No 1.

Munirah. 2018. Prinsip-Prinsip Belajar Dan Pembelajaran (Perhatian Dan Motivasi, Keaktifan, Keterlibatan Langsung, Pengulangan, Tantangan Dan Perbedaan Individu). Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam. Vol 5 No 1.

Nasbi, Ibrahim. 2017. Manajemen Kurikulum: Sebuah Kajian Teoritis. Jurnal Idaarah. Vol. I, No. 2.

Nugraha, Tono Supriatna. 2022. Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran, Inovasi Kurikulum, Vol 19. No 2.

Nurlina Ariani Hrp, Zulaini Masruro, Siti Zahara Saragih, dkk. 2022. Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Rosyadi, Faiq Ilham & Usman. 2021. Konsep Dasar Kurikulum Pendidikan Islam: Kajian Teoritis Filosofis , Heutagogia: Journal of Islamic Education, Vol 1, No 2.

Salabi, Agus Salim Salabi. 2020. Efektivitas Dalam Implementasi Kurikulum Sekolah, Education Achievment: Journal of Science and Research. Vol 1. No 1.

Setiawan, Andi. 2017. Belajar Dan Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Sista, Taufik Rizki. 2017. Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Kasus di SMK Migas Cepu) ,Vol. 01 No. 01

Sukadari.2017. Ilmu Pendidikan Seri 1 (Konsep Dasar).Yogyakarta:Cipta Bersama.

Syafaruddin & Amiruddin. 2017. Manajemen Kurikulum. Medan:Perdana Publishing.

Thaib, Razali M. & Irman Siswanto. 2015. Inovasi Kurikulum Dalam Pengembangan Pendidikan (Suatu Analisis Implementatif). Jurnal Edukasi .Vol 1. Nomor 2.

Wijaya, Hengki. Metode-metode Penelitian Dalam Penulisan Jurnal Ilmiah Elektronik.

Zazin, Nur. 2018. Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan Islam. Malang:Edulitera.