HADIS-HADIS ARWAH DAN KEPERCAYAAN MASYARAKAT NU (STUDI LIVING HADIS DI DESA SARIROGO SIDOARJO)

Authors

  • Nur Dian Syah Fikri Alfani Ma'had Aly Hasyim Asy'ari Tebuireng
  • M. Rizki Syahrul Ramadhan Ma’had Aly Hasyim Asy’ari

Keywords:

Living Hadis, Arwah, Tradisi

Abstract

Kepercayaan terhadap kembalinya arwah manusia yang sudah meninggal di malam jum’at sering dijumpai khusunya di daerah jawa, kebanyakan yang mempercayai hal itu adalah orang muslim terkhusus di desa Sarirogo kabupaten Sidoarjo. Kepercayaan tersebut diiringi dengan tradisi seperti menyajikan makanan di ruang tamu, menghidupkan lampu, dan mengisi bak mandi sampai penuh di malam jum’at dengan tujuan menyambut datangnya arwah keluarga yang sudah meninggal. Kepercayaan seperti itu didapatkan oleh masyarakat dari leluhur mereka bahkan ada asumsi kalau kepercayaan dan tradisi itu berasal dari zaman kerajaan Majapahit. Penelitian ini menggunakan pendekatan Living Hadis dengan cara menserasikan kepercayaan atau tradisi yang sudah populer dengan hadis sebagai landasan dalilnya, dan jenis penelitian ini adalah kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah agar masyarakat khususnya warga desa Sarirogo mengetahui landasan dalil agama yang berkaitan dengan kepercayaan dan tradisi yang mereka lakukan.

References

Abdulloh, Aminol Rosid. Pengantar Memahami Living Qur’an dan Hadis. Malang: LITNUS penerbit, 2023.

Abu Syuhbah, Muhammad. Al-Wasith fi ’Ulum wa Mustalah al-Hadith. Dar al-Fikr al-Arobi, t.t.

Ad-Dimyathi, Al-Bakri. I’anah Ath-Thalibiin ’ala Halli Alfaadzi Fathi Al-Mu’in. Beirut: Dar al-Fikr, 1997.

Al-Hakkārī, Abū al-Ḥasan. Hadīyat al-Aḥyāʾ ilá al-Amwāt wa-mā Yaṣilu ilayhim lil-Hakkārī. al-Dār al-Āthīrah, 2009.

Ali Wafa, Thayfur. Bulgha at-Thullab fii Talkhis Fatawa Masyayikh al-Anjab. Sumenep: as-Sadad Sumenep, tanpa tahun.

Choirul Anas. Wawancara dengan warga desa Sarirogo, 4 Januari 2024.

De Sonya. Wawancara dengan warga desa Sarirogo, 2 Januari 2024.

Djamil, H. Abdul, ed. Islam & kebudayaan Jawa. Yogyakarta: Gama Media, 2000.

Dr Amrulloh Lc. M.Th.I. Disampaikan saat perkuliahan Manhaj al-Bahts semester 6, Tradisi menyambut arwah kembali ke rumah setiap malam jum’at di Jombang berupa mengisi bak mandi sampai penuh, 2023.

Faisal, Ahmad. Living Hadis Versus Dead Hadis. Medan: Merdeka Kreasi Group, 2022.

Firda Dwi Lestari. Wawancara dengan mahasiswa UNHASY asal Gresik, tradisi menyambut arwah kembali ke rumah setiap malam jum’at di Jombang berupa menyediakan makanan atau kopi di ruang tamu, 2023.

H Roziq. Wawancara dengan warga desa Sarirogo, 3 Januari 2024.

Hasbillah, Ahmad Ubaydi. ILMU LIVING QURAN-HADIS: Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi. Tanggerang Selatan: Maktabah Darus-Sunnah, 2021.

Jawziyyah, Ibnu Qayyim al-. ar-Rūḥ fī al-kalām “alā arwāḥ al-amwāt wa al-aḥyā” bi al-dalā’il min al-Kitāb wa al-Sunnah. Beirut: Dār al-Kutub al-’Ilmiyyah, t.t.

Koentjaraningrat. Kebudayaan Jawa. Balai Pustaka, 1984.

LP2M Ma’had Aly Hasyim Asy’ari. MATERI SOSIALISASI STANDART PENELITIAN HADIS. Jombang: LP2M Ma’had Aly Hasyim Asy’ari, 2023.

Manẓūr, Ibn. Lisān al-’Arab. Beirut: Dār Ṣādir, 1414.

Marzuki. “TRADISI DAN BUDAYA MASYARAKAT JAWA DALAM PERSPEKTIF ISLAM.” Kajian Masalah Pendidikan Dan Ilmu Sosial “INFORMASI” 32, no. 1 (2006). https://eprints.uny.ac.id/2609/.

“Membuka pintu Ijtihad Fazlur Rahman ; penerjemah, Anas Mahyuddin ; penyunting, Ammar Haryono | Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY.” Diakses 23 Juli 2024. https://balaiyanpus.jogjaprov.go.id/opac/detail-opac?id=80841.

“Menafsir Tembang ‘Saben Malam Jumat’ yang Bilang Mayat akan Pulang ke Rumah tiap Malam Jumat - Terminal Mojok.” Diakses 15 Juni 2024. https://mojok.co/terminal/menafsir-tembang-saben-malam-jumat-yang-bilang-mayat-akan-pulang-ke-rumah-tiap-malam-jumat/.

MOCH.SHOFIYUDDIN. “FENOMENOLOGI RITUAL MALAM JUMAT LEGI WARGA NAHDLATUL ULAMA DESA KEMLAGI, KECAMATAN KEMLAGI, KABUPATEN MOJOKERTO.” Paradigma 4, no. 3 (23 Agustus 2016). https://ejournal.unesa.ac.id.

Muḥammad ibn Muḥammad al-Ghazzī, Najm al-Dīn. al-Kawākib al-Sāʾirah bi-Aʿyān al-Miʾah al-ʿĀshirah. Beirut: Dār al-Kutub al-’Ilmiyyah, 1997.

Muhammad Khoirum. Wawancara dengan warga desa Sarirogo, 2 Januari 2024.

“Profil desa Sarirogo,” Desember 2022.

Putri, Fransiska Letsu Kharisma. “SELAMATAN ARWAH MENURUT TRADISI JAWA DALAM PERSPEKTIF IMAN KATOLIK DI STASI SANTO ANTONIUS WIDODAREN.” Diploma, STKIP Widya Yuwana, 2023. http://eprints.widyayuwana.ac.id/id/eprint/704/.

S.Kom, Yulian Purnama. “Derajat Hadits Tentang Arwah Mengunjungi Keluarga.” Muslim.or.id (blog), 6 Desember 2017. https://muslim.or.id/34884-derajat-hadits-tentang-arwah-mengunjungi-keluarga.html.

Suminah. Wawancara dengan warga desa Sarirogo, 11 November 2023.

Taufik, Muhammad. “HARMONI ISLAM DAN BUDAYA LOKAL.” Jurnal Ilmiah Ilmu Ushuluddin 12, no. 2 (2013): 255–70. https://doi.org/10.18592/jiu.v12i2.692.

Ulfi Romdloniyah. Wawancara dengan warga desa Sarirogo, 2 Januari 2024.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Alfani, N. D. S. F., & Ramadhan, M. R. S. (2024). HADIS-HADIS ARWAH DAN KEPERCAYAAN MASYARAKAT NU (STUDI LIVING HADIS DI DESA SARIROGO SIDOARJO). El-Mizzi : Jurnal Ilmu Hadis, 3(1), 15–30. Retrieved from https://ejournal.iaingorontalo.ac.id/index.php/em/article/view/1775