Penerapan Hadis Ibda' Bi Nafsik di Madrasah Aliyah Al-Huda Kota Gorontalo

Authors

  • Moh. Fajrin Z Harun IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Irfan Giasi IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Wanti Maliki IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Hadija Kamaru IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Agus Patamani IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Hikmawati Sultani IAIN Sultan Amai Gorontalo

Keywords:

Hadis, : Penerapan Ibda’ bi Nafsik, MA Al-Huda

Abstract

Madrasah Aliyah Al-Huda is a private educational institution located in the city of Gorontalo, which plays an important role in improving the status of the city. This madrasah has produced students who have memorized hundreds of hadiths, reflecting their commitment to understanding Islamic values. This article aims to explore and present various meanings that can be taken from various hadiths that have been memorized by Madrasah Aliyah Al-Huda students. This research has identified and detailed four strategies that form the basis of their research. The first strategy is Hadith Redaction, which involves takhrij hadith. Second, interpretation of hadith in three aspects, namely contextual textual and intertextual. The learning process uses experimental methods. so that students are more active in learning in class. In the learning process, students are taught how to trace hadiths using the bi lafz method in the Takhrij Hadith Book.

Keywords: Hadith: Application, Ibda bi Nafsik, MA Al-Huda

Abstrak

Madrasah Aliyah Al-Huda adalah sebuah lembaga pendidikan swasta yang berlokasi di kota Gorontalo, yang berperan penting dalam meningkatkan derajat kota tersebut. Madrasah ini telah menghasilkan santri-santri yang hafal ratusan hadis, mencerminkan komitmen mereka dalam memahami nilai-nilai Islam. Artikel ini bertujuan untuk menggali dan menyajikan beragam makna yang dapat diambil dari berbagai hadis yang telah dihafal oleh santri Madrasah Aliyah Al-Huda. Penelitian ini telah mengidentifikasi dan merinci empat strategi yang menjadi landasan dalam penelitian mereka. Strategi pertama adalah Redaksi Hadis, yang melibatkan takhrij hadis. Kedua, interpretasi hadis dalam tiga aspek yaitu tekstual, kontekstual, dan intertekstual. Proses pembelajaran menggunakan metode eksperimen, sehingga santri lebih aktif melakukan pembelajaran di kelas. Dalam proses pembelajaran, santri diajarkan bagaimana cara menelusuri hadis menggunakan metode bi lafz} dalam Kitab Takhrij hadis.

Kata Kunci: Hadis: Penerapan, Ibda’ bi Nafsik, MA Al-Huda

References

Agustina, Aulia Rossa, dan Maulida Rahma. “Model Pembelajaran Cooperative Intergrated Reading and Composition (CIRC) Al-Qur’an Hadis.” Jurnal Agama, Sosia, Budaya 1, no. 1(2022): h.7-14.

Ahmad, Arifuddin, Amrullah Harun, dan Akbar. Manajemen Ihya’ Al-Sunnah. Cet. I; Depok: Rajawali Pers, 2023.

Bahr, Ahmad bin Syuaib bin Ali bin Sinan. Sunan An-Nasa’i.t.t: Baitul Afkar al-Dawliyah, t.th.

Khatib, Abdul Hamid, Ketinggian Nabi Muhammad SAW. Jakarta: Bulan Bintang, 1977.

Lashin, Musa Shahin. Fath al-Mu’in Syarah Shahih Muslim. t.t: Dar al-Syaruq, 2002.

Mardyawati, Badruddin, dan Muhammad Alqadri Burga. “Efektivitas Penerapan Metode Tikrar Terhadap Peningkatan Hafalan Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadis di Madrasah Tsanawiyah At-Tarbiyah Islamiyah Kolaka.” Jurnal Kajian Keislaman 3, no. 1 (2022): h. 48-62.

Al-Masry, Abu Al-Ashbal Hassan Al-Zuhairi Al-Mandouh Al-Mansouri. Syarah Shahih Muslim, pelajaran audio yang ditranskripsi oleh situs Islamic Network, http://www.islamweb.net.

Al-Mishri, Muhammad bin Mukarram bin al-Manzhur al-Afriqi.Lisan al-Arab, Beirut: Dar as-Shadr.

Al-Naisaburi, Muslim bin al-Hajjaj.Shahih Muslim. Beirut: Issa al-Babi dan al-Halabi, 1955.

Niam, Jainun Wafiqtun, dan Daimah. “Implikasi Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadis terhadap Internalisasi Nilai AgamaIslam di MA Nurul Ummah, Yogyakarta.” Jurnal Al Ghazali 4, no. 2 (2021): h. 126-143

Nurkholis, Mujiono. Metodologi Syarah Hadis. Bandung: Fasygil Grup, 2003.

Al-Shafi'I, Muhammad Al-Amin bin Abdullah Al-Urmi Al-Alawi Al-Harari, dkk.Sharah Shahih Muslim: Almsmma: Alkawkab Alwhhaj Walrrawd Albahhaj Fi Sharh Sahih Muslim bin Alhajaj. Makkah: Dar al-Manhaj, 2009.

Wensinck, A.J. dan Muhammad Fuad Abdul Baqi. Mu’jam al-Muhafarras li Alfaz al-Hadis al-Nabawiy.1936.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Harun, M. F. Z., Giasi, I., Maliki, W., Kamaru, H., Patamani, A., & Sultani, H. (2022). Penerapan Hadis Ibda’ Bi Nafsik di Madrasah Aliyah Al-Huda Kota Gorontalo. El-Mizzi : Jurnal Ilmu Hadis, 1(2). Retrieved from https://ejournal.iaingorontalo.ac.id/index.php/em/article/view/1056