DAKWAH BIL HAL DAKWAH BIL HAL DALAM KESADARAN LINGKUNGAN MELALUI PENGELOLAAN ECOBRICK (KOMUNITAS PROKLIM PURWOKELING BPI NGALIYAN SEMARANG)

DAKWAH BIL HAL DALAM KESADARAN LINGKUNGAN MELALUI PENGELOLAAN ECOBRICK (KOMUNITAS PROKLIM PURWOKELING BPI NGALIYAN SEMARANG)

Authors

  • Usman Efendi Sulaiman UIN Walisongo Semarang

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis Dakwah Bil Hal Dalam Kesadaran Lingkungan Melalui Pengelolaan Ecobrick (Komunitas Proklim Purwokeling Bpi Ngaliyan Semarang).

Komunitas Proklim Purwokeling adalah komunitas yang bergerak dibidang cinta alam dan peduli terhadap lingkungan komunitas ini berada di Perumahan BPI Ngaliyan Semarang dengan mengubah masalah limbah plastik menjadi barang yang memiliki nilai guna yaitu Ecobrick. Tujuaan adanya kegiatan ecobrick ini adalah untuk mengatasi masalah limbah plastik yang ada diperumahan BPI Ngaliyan Semarang. Maka dari itu, peneliti membuat rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana pengelolaan Ecobrick yang dilakukan oleh komunitas Proklim Purwokeling 2) Bagaimana proses dakwah bil hal yang dilakukan oleh Komunitas Proklim Purwokeling.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif fenomenologis. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti terlibat secara langsung dari proses awal sampai akhir untuk menggali sebuah data penelitian. Analisis data menggunakan teori Milles dan Hiberman, yang meliputi reduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya: 1) proses pengelolaan ecobrick yang dilakukan oleh komunitas Proklim Purwokeling melalui pembinaan, pendampingan dan controlling yang dilakukan selama kegiatan dan pasca kegiatan. 2) Proses dakwah bil hal yang dilakukan oleh Komunitas Proklim Purwokeling dapat dilihat dari beberapa aspek yakni: da’i, mad’u, media dakwah, materi dakwah, atsar metodologi, dakwah.

Published

2024-01-12