PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MATERI HIDUP LAPANG DENGAN BERBAGI PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 11 RANTE TONGGO KECAMATAN MASALLE KABUPATEN ENREKANG
Keywords:
hasil belajar, model Talking Stick, Pendidikan Agama Islam dan Budi PekertiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Hidup lapang dengan berbagi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui model Talking Stick. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action ). Subjek dari penelitian ini adalah fase C1 SDN 11 Rante Tonggo, yang terdiri dari 12 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh model Talking Stick berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Hidup lapang dengan berbagi. Sebelum diterapkannya model Talking Stick hasil belajar siswa secara klasikal hanya 3 siswa (25%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 44.0. Setelah diterapkan metode tersebut pada siklus I sebanyak 9 siswa (75%) yang tuntas dalam pembelajara pembelajaran dengan nilai rata-rata 78.0 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 3 siswa (100%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 90.0. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.