PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MARKET PLACE ACTIVITY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI HIDUP LAPANG DENGAN BERBAGI KELAS V DI UPT SDN 98 TONGKO KECAMATAN BAROKO

Authors

  • Arsik Arsik UPT SDN 98 Tongko

Keywords:

Market Place Activity, Hasil Belajar

Abstract

Penulis melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak dua siklus dengan 3 pertemuan tiap siklusnya untuk meningkatkan hasil belajar PAI melalui pembelajaran dengan metode Market Place Activity pada siswa kelas V SD Negeri 98 Tongko Kabupaten Enrekang. Yang menjadi subyek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah peserta didik Kelas V SD Negeri 98 Tongko Kabupaten Enrekang Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 28 orang. Berdasarkan analisis dan pengolahan data, telah terjadi peningkatan diberbagai faktor baik dari nalai rata-rata, nilai terendah dan jumlah siswa yang mencapai nilai KKTP. Begitupun dan hasil observasi dan angket siswa yang menunjukkan peningkatan kualitas pembelajaran, baik interaksi guru dengan siswa, siswa dengan siswa, siswa dengan materi pelajaran dan sikap siswa lebih aktif bekerjasama dalarn kelompoknya. Dengan demikian penelitian ini membuktikan bahwa penerapan Model Pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar karena siswa memahami materi Mengenal Zakat pada siswa kelas IV SD Negeri 98 Tongko Kecamatan Baroko Kabupaten Enrekang semester genap tahun pelajanan 2022/ 2023.

Published

2023-08-22