MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI AKU SUKA MEMBACA BASMALAH DAN HAMDALAH MELALUI METODE READING ALOUD PADA SISWA KELAS 1 UPT SPF SDN 20 MANYAMPA BULUKUMBA
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data observasi yang menunjukkan kurangnya pemahaman dalam materi Aku Suka Membaca Basmalah Dan Hamdalah pada siswa Kelas 1 UPT SPF SDN 20 Manyampa disebabkan lemahnya proses pembelajaran yang dikembangkan guru dewasa ini adalah merupakan salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan. Proses pembelajaran yang terjadi di dalam kelas dilaksanakan sesuai dengan kemampuan dan selera guru. Padahal pada kenyataannya kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran tidak merata sesuai dengan latar belakang pendidikan guru serta motivasi dan kecintaan mereka terhadap profesinya. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Partisipan dalam penelitian ini adalah 15 peserta didik di UPT SPF SDN 20 Manyampa kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba provinsi Sulawesi Selatan. Selanjutnya teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode membaca nyaring meningkatkan hasil belajar peserta didik di UPT SPF SDN 20 Manyampa dengan dengan rata-rata kelas 70 % pada siklus I (peningkatan 30 %) dan 88 % pada siklus II (peningkatan 12 %). Dengan demikian penerapan metode reading aloud (membaca nyaring) pada materi Aku Suka Membaca Basmalah Dan Hamdalah pada siswa Kelas 1 pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.