MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI IMAN KEPADA RASUL ALLAH SWT MELALUI METODE KELILING KELOMPOK SISWA KELAS IV UPT SD NEGERI 12 ARUNGKEKE KABUPATEN JENEPONTO
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya Kondisi awal pembelajaran di SDN 12 Arungkeke Jeneponto adalah menggunakan pembelajaran yang monoton. Hal ini terungkap melalui prapenelitian pada bulan Juni 2023 di kelas IV SDN 12 Arungkeke Jeneponto, melalui wawancara dan observasi kepada guru dan siswa. Dari hasil wawancara dan observasi terungkap: yaitu (1) guru mengajar hanya melaksanakan tugas sebagai guru, sehingga kurang memperhatikan kebutuhan yang diinginkan peserta didik, (2) guru kurang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, yaitu hanya dapat mendengarkan yang dibaca oleh guru dalam hal ini siswa tidak diajak untuk berdiskusi, (3) dalam proses pembelajaran, guru tidak membentuk kelompok diskusi kepada siswa, sehingga terkesan monoton. Kondisi tersebut atas sejalan dengan kondisi anak di sekolah dasar ini, yaitu anak belum menguasai materi iman kepada Rasul Allah, rendahnya motivasi belajar siswa dalam pelajaran PAI terutama materi iman kepada Rasul dan nilai harian siswa yang rendah dalam materi iman kepada malaikat. Hal ini dapat perolehan nilai pendidikan Agama Islam siswa yang masih dibawah KKM. Masalah tersebut harus segera diatasi agar tidak berdampak negatif terhadp siswa, guru dan sekolah yang bersangkutan. Oleh sebab itu peneliti bermaksud untuk mengatasi permasalahan di atas dengan menggunakan model pembelajaran kelompok keliling. Hasil penelitian ini menunjukan Meningkatkan Hasil belajar PAI dengan metode keliling kelompok dalam materi iman kepada Rasul Allah SWT sangat diperlukan. Hal ini bertujuan agar penguasaan siswa dan pemahaman siswa terhadap iman kepada Rasul Allah SWT semakin baik. Temuan tersebut memberikan acuan kepada guru Pendidikan Agama Islam agar memberikan metode pembelajaran yang kreatif dalam sistem pembelajaran yang dapat membawa pemahaman terhadap peserta didiknya. Sehingga Pendidikan Agama Islam dapat membawa dampak yang baik secara hasil tertulis maupun hasil implementasinya dalam kehidupan sehari-hari.