PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION DALAM MENINGKATKAN LITERASI MENULIS AL-QURAN MATERI MARI BELAJAR QS. AL-FALAQ MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI BEKERTI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi menulis Al-Quran pada materi mari belajar QS. Al-Falaq mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui model pembelajaran Direct Instruction. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase B SD Al Hilal Maar Tahun Ajaran 2022/2023, yang terdiri dari 19 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian penerapan model pembelajaran Direct Instruction dapat meningkatkan literasi menunjukkan bahwa menulis surah Al-Falaq pada materi menulis surah Al-Falaq Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Fase B SD Al Hilal Maar. Hasil penelitian menunjukkan tingkat keberhasilan tindakan dalam setiap siklusnya mengalami peningkatan, yaitu mulai dari pre test nilai rata-rata mencapai 68,83 meningkat pada siklus I menjadi 72,75 kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 83,25. Sedangkan pada aktivitas siswa dalam menulis surah Al-Falaq juga mengalami peningkatan dari siklus I mencapai 75,81% meningkat menjadi 81,94%. Ketuntasan belajar klasikal meningkat dari 75% pada siklus I menjadi 90% pada siklus II atau mengalami peningkatan sebesar 15%.