MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SURAT AL-MAUN MELALUI METODE TEILEREN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SISWA KELAS V SDN 06 PATILANGGIO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menghafal siswa pada materi menghafal surat Al-Ma’un mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode teileren. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN 06 Patilanggio Tahun Ajaran 2023-2024, yang terdiri dari 14 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode teileren berhasil meningkatkan kemampuan menghafal siswa pada materi Menghafal surat Al-Ma’un. Sebelum diterapkannya metode teileren kemampuan menghafal Surat Al-ma’un siswa belum seluruhnya bisa menghafal surat Al-Ma’un. hanya 5 siswa (30%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 71.07. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 9 siswa (70%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 80.71 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 14 siswa (100%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 87.50. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.