MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI KISAH KETELADANAN RASULULLAH SAW MELALUI STRATEGI ROLE PLAY PADA KELAS VI SDN 109 KAJANG KEKE

Authors

  • Asdar Asdar UPT SDN 109 Kajang Keke

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman materi kisah keteladanan Rasulullah SAW melalui penerapan strategi role play pada siswa kelas VI di SDN 109 Kajang Keke. Metode penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan observasi terhadap interaksi siswa selama pelaksanaan sesi role play. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur efektivitas strategi pembelajaran role play dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang nilai-nilai moral yang terkandung dalam kisah keteladanan. Pada siklus pertama, perencanaan dilakukan dengan merancang skenario role play yang berfokus pada aspek nilai-nilai moral dalam kisah keteladanan. Sesi role play dilakukan dengan melibatkan siswa dalam bermain peran sesuai karakter dalam kisah. Hasil observasi pada Siklus I menunjukkan bahwa partisipasi siswa meningkat, interaksi antar kelompok siswa lebih dinamis, dan pemahaman nilai moral meningkat. Dalam Siklus II, berdasarkan evaluasi hasil observasi Siklus I, dilakukan perbaikan yang lebih terperinci dalam pengaturan kelompok, peran yang lebih terstruktur, dan panduan yang lebih jelas. Hasil observasi Siklus II menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam partisipasi siswa, interaksi yang lebih kolaboratif, serta pemahaman nilai-nilai moral yang lebih mendalam. Penelitian ini menyarankan agar strategi role play dapat terus dikembangkan dalam pembelajaran sehari-hari guna mendorong partisipasi aktif siswa dan pemahaman yang lebih mendalam tentang nilai-nilai moral.Top of Form

Downloads

Published

2023-03-01